Home > JATENG RAYA > Terlalu Menghayati Joget Jathilan, Napi dan Petugas Lapas Magelang Kesurupan

Terlalu Menghayati Joget Jathilan, Napi dan Petugas Lapas Magelang Kesurupan


MAGELANG – Kesurupan mewarnai lomba balap bakiak atau terompah yang dilaksanakan di Lapas Kelas 2A Kota Magelang, Selasa (15/8).Tiga orang yang mengalami kesurupan, selain warga binaan sendiri, juga dua karyawan lapas, dimana salah satu bertindak sebagai master of ceremoni atau MC-nya.

Ketiganya mengalami kesurupan karena terlalu asyik mengikuti iringan musik jathilan atau seni tradisional khas Magelang.Ya, lomba bakiak atau terompah berlangsung sangat meriah dengan iringan musik-musik tradisional.Para warga binaan menari sesuai iringan musik yang di putar. Bahkan kepala lapas Magelang Budi Sarwono juga terlihat ikut menari di tengah-tengah warna binaan, seolah tidak ada sekat antara penghuni dengan karyawan. Mereka terlihat akrab saat memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 71 ini.

Budi mengatakan, sebanyak 75 dari 411 warga binaan di lapas kelas 2A Magelang mengikuti lomba terompah. Selain lomba terompah, juga diadakan menyanyi  lagu “Hari Merdeka” oleh 407 warga binaan.

Budi menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini mengingatkan kepada warga binaan bahwa dulu bangsa indonesia saat mencapai kemerdekaan dilalui secara susah payah. Sehingga warga Indonesia yang sudah hidup dialam merdeka, harus bisa menghargai perjuangan para pahlawan.

Budi Sarwono menambahkan, kegiatan lomba terompah dan menyanyikan lagu Hari Merdeka ini juga diikuti secara serentak di 300 lapas di seluruh Indonesia. Pihaknya ikut berpartisipasi agar rekor MURI bisa terpecahkan dengan jumlah peserta terbanyak.

Sementara itu, Sinta Febriani (42), salah satu warga binaan mengaku, senang  dengan adanya kegiatan ini.Kegiatan ini bisa mengusir rasa bosan di Lapas. Namun yang lebih dari itu, kegiatan ini juga bisa menambah keakraban antar penghuni. Shinta mengaku divonis 4 tahun karena kasus narkoba. (MJ-24)

Ini Menarik!

Pasar Klitikan Rampung, PKL Bantaran BKT Harus Pindah Mulai Januari

Share this on WhatsApp SEMARANG – Pasar Klitikan di Penggaron telah selesai dibangun Pemerintah Kota …

Silakan Berkomentar