Tekan Inflasi di Solo, TPID Gelar Pasar Gotong Royong

SOLO – Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Solo menggelar Pasar Gotong-Royong Bakdan Neng Solo tanggal 6-7 Juni 2018 di Benteng Vasteburg Solo. Pasar tersebut digelar untuk menekan angka inflasi menjelang Lebaran 2018.

pasar inflasi
Salah satu stand sandang batik diserbu warga di Pasar Gotong Royong, Solo. (foto: metrojateng/MJ-25)

Dari pantauan di lokasi terlihat Pasar Gotong Royong yang pertama digelar di Kota Solo pertama kali ini dipenuhi oleh warga masyrakat. Pasar tersebut menjual berbagai kebutuhan pokok dengan harga lebih murah. Kegiatan yang dilaksanakan untuk menggantikan instrumen stabilisasi harga pasar murah ini diikuti oleh seluruh steakholder distributor di Solo.

Terdapat 74 stand yang dihadirkan mulai dari harga daging ayam, telur, beras, minyak dan beberapa kebutuhan lebaran seperti baju, kue kering, hingga buah-buahan.

Salah seorang warga asal Jagalan, Solo mengaku sangat terbantu dengan adanya pasar murah tersebut. Ia menilai harga-harga yang ditawarkan jauh lebih murah dan memiliki tanggal kadaluarga yang masih lama.

“Ya senang bisa dapat kebutuhan lebaran, semoga di tahun depan diadakan lagi karena sangat membantu meringankan beban,” ujar Sri Lestari Ningsih (43) warga Jagalan, Solo.

Sementara itu, Wakil TPID Solo, Bandoe Widiarto mengatakan pada kegiatan ini sebagai upaya TPID menyediakan bahan pokok yang selama ini memicu inflasi. Terkait dengan ketersediaan pasokan dan pengendalian harga komoditas di pasaran.

“Kami berharap infasi di inflasi Lebaran dapat juga terkendali seperti halnya inflasi pada bulan Ramadhan yang berada di level 0,04 persen,” ujarnya saat ditemui di lokasi Pasar Goto Royong, Benteng Vastenbrug, Solo, Rabu (6/6).

Adanya Pasar Gotong Royong secara terpusat ini, TPID tidak lagi mengelar pasar murah di lima kecamatan di kota Solo seperti tahun lalu. (MJ-25)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

90 − = 86

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.