Beranda JATENG RAYA Tekan Golput, Dispendukcapil Diminta Jemput Bola Rekam E-KTP

Tekan Golput, Dispendukcapil Diminta Jemput Bola Rekam E-KTP

23
0
BERBAGI
Ilustrasi

 

SEMARANG – KPU Kota Semarang telah mencatat ada sekitar seratusan ribu warga Kota Semarang yang belum masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan terancam golput pada Pilgub Jateng karena belum melakukan perekaman data E-KTP.

Terkait hal tersebut, Wakil Walikota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu langsung mengimbau kepada para petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) untuk segera jemput bola terhadap warga yang belum terekam atau belum jadi E-KTP nya.

“Himbauan Pak Walikota jelas, jemput bola, bahkan tak hanya Dispendukcapil tetapi Camat dan Lurah diminta juga jemput bola. Agar warga bisa terdaftar dalam DPT,” jelasnya, Senin (21/1).

Dia berharap, warga Kota Semarang segera mencocokan data di kelurahan atau PPS agar semuanya bisa terdaftar. Bahkan petugas Dispendukcapil harus jemput bola. “Tujuannya agar masyrakat bisa menggunakan hak pilih dan tidak golput. PPDP juga harus┬ábisa pro aktif dari rumah ke rumah,” katanya.

Sementara Ketua DPRD Kota Semarang, Supriyadi meminta, agar Dispendukcapil bisa memberikan kemudahan terhadap warga yang belum punya E-KTP. Tidak selamanya harus terekam, bisa dengan surat keterngan pengganti E-KTP agar mereka bisa menggunakan hak suaranya di pilkada.

“Ini dikhawatirkan banyak golput karena data pemilih didasarkan dari E-KTP atau data perekaman E-KTP,” tegasnya. (duh)