Tangkal Ujaran Kebencian Saat Pilkada, Polda Kerahkan Tim Patroli Siber

Ilustrasi. (sumber: ugm.ac.id)

SEMARANG – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 2018, personel tim patroli siber mulai dikerahkan hingga ke tingkat kabupaten/kota. Bahkan, Polda Jateng menyatakan saat ini sudah ada delapan personel patroli siber yang bergerak untuk mendeteksi ujaran kebencian di media sosial (medsos).

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Jateng, Kombes Pol Lukas Akbar Abriari menyebut timnya nanti akan diterjunkan hingga ke pelosok daerah sampai setiap polres kabupaten/kota.

“Di humas juga sudah punya (tim patroli siber). Di polres-polres ditambah gabungan satreskrim punya cyber patrol sendiri,” kata Lukas di markasnya Jalan Sukun Raya, Banyumanik, Rabu (18/10).

Ia menegaskan siap menindak para pelaku ujaran kebencian yang merebak di jejaring medsos. Tim patroli siber nantinya akan berkolaborasi dengan Ditintelkam Polda Jateng untuk memberantas pelaku ujaran kebencian.Ia menyebut timnya tak hanya menindak unggahan kebencian di medsos. Melainkan juga konten-konten berbau politis.

Tim patroli siber, Lukas menambahkan juga meningkatkan pengawasan terhadap unggahan black campain yang menjurus pada isu SARA. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

+ 27 = 32

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.