Home > JATENG RAYA > METRO SEMARANG > Takut Telat, Puluhan Jemaah Haji Kendal Menginap di Pendopo Kabupaten

Takut Telat, Puluhan Jemaah Haji Kendal Menginap di Pendopo Kabupaten

image
Jemaah haji Kloter 21 Kendal terpaksa bermalam di pendopo kabupaten untuk menunggu keberangkatan ke Donohudan. Foto Metrojateng

KENDAL – Puluhan jemaah haji asal KBIH Al Madinah Boja memilih menginap di Pendopo Kabupaten Kendal agar tidak terlambat saat keberangkatan ke asrama haji Donohudan Senin (8/9) pagi. Jemaah haji yang menginap umumnya yang berasal dari pinggiran kota.

Pemerintah Kabupaten Kendal sendiri belum memiliki asrama haji untuk tempat persinggahan sementara. Selain di pendopo, sejumlah jamaah haji lainnya memilih menginap di masjid agung ataupun pondok pesantren.

Hanya dengan beralaskan karpet seadanya, jemaah haji asal kloter 21 ini bermalam di Pendopo Kabupaten Kendal. Sambil menunggu keberangkatan, jemaah haji ini memilih bercengkrama dan mengaji. Sebagian lainnya juga rebahan mempersiapkan diri sebelum menuju asrama haji Donohudan di Solo.

Menurut pengurus KBIH Al Madinah, H Hartono jumlah jamaah yang menginap di pendopo sebanyak 40 orang. “Diinapkan di pendopo karena lokasinya jauh dan takut ketinggalan rombongan jamaah haji lainnya. Selain itu waktu keberangkatan yang terlalu pagi membuat jamaah ini lebih memilih menginap agar kondisi tubuhnya lebih sehat dan tidak kelelahan di jalan,” jelasnya, Minggu (7/9).

Dijelaskan  Hartono sebagian besar rumah  jamaah haji ini cukup jauh hampir 50 kilometer. Dibutuhkan waktu lebih dari satu jam untuk bisa tiba di pendopo Kabupaten Kendal. Waktu satu jam tersebut  belum dihitung jika terjebak kemacetan kendaraan pengantar jamaah haji lainnya.

Selain di pendopo sejumlah calon jamaah haji asal Kendal yang jauh dari pusat kota juga memilih menginap di pondok pesantren di Kaliwungu dan Masjid Agung Kendal . Jamaah haji asal Kendal sendiri berjumlah 713 orang akan diberangkatkan Senin (08/09) pagi dan dibagi menjadi empat kelompok terbang.

Kloter 21 sejumlah 153 jamaah akan digabung dengan Kota Semarang berangkat Senin subuh dilanjutkan kloter 22 sejumlah 370 jamaah haji kendal berangkat Senin siang. Sedangkan kloter 29 sejumlah 116 jamaah haji diberangkatkan kamis 11 September mendatang digabung dengan jamaah dari Jogjakarta. Terakhir kloter 30 sejumlah 84 jamaah diberangkatkan tanggal 11 September siang digabung dengan jamaah dari Kabupaten Semarang. (MJ-01)

Ini Menarik!

PSMP vs PSIS: Momentum Bangkit

Share this on WhatsApp BANDUNG – PSIS mengincar poin penuh atas PS Mojokerto Putra pada …

Silakan Berkomentar