Home > JATENG RAYA > Tak Terserap, Sisa Anggaran Kota Semarang Rp 818 Miliar

Tak Terserap, Sisa Anggaran Kota Semarang Rp 818 Miliar

SEMARANG – Sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) penerimaan dan belanja daerah Kota Semarang pada tahun 2016 mencapai sebesar Rp 818 miliar. Hal tersebut akibat anggaran yang tidak terserap secara maksimal melalui program-program yang telah direncanakan oleh pemerintah kota.
Meski nilainya cukup besar, namun kalangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang menilai silpa itu masih menunjukkan perkembangan yang baik. Realisasi penggunaan anggaran pemerintah sesuai dengan program yang telah disusun menunjukkan peningkatan.
”Silpa itu menurut saya sudah lebih baik dibanding dengan tahun sebelumnya (2015) yang masih mencapai satu triliun lebih,” kata Anggota Komisi C DPRD Kota Semarang, Suharsono, Kamis (10/8).
Menurut wakil rakyat dari Fraksi PKS ini, dari sisi pendapatan kinerja pemkot tahun 2016 mengalami peningkatan signifikan. Sehingga laporan keuangan Pemkot Semarang juga berhasil mendapatkan penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK.
”Adanya silpa yang masih cukup besar di 2016 juga karena adanya keterlambatan transfer Dana Alokasi Umum atau DAU dari Pemerintah Pusat. Sehingga dana tersebut tidak dapat terserap secara maksimal oleh pemerintah kota,” terangnya.
Selain itu, silpa tersebut juga karena adanya anggaran untuk pembebasan lahan yang belum terealisasi pada beberapa proyek pemerintah. Karena belum ada kesepakatan ganti rugi antara pemilik lahan atau bangunan dengan pemerintah. Silpa ini juga akan dimasukkan dalam APBD tahun berikutnya untuk kegiatan-kegiatan Pemerintah Kota Semarang. (duh)

Ini Menarik!

Konduktor Asal Amerika Akan Ramaikan Konser Sumpah Pemuda

Share this on WhatsAppSEMARANG – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Pemerintah Kota Semarang melalui …

Silakan Berkomentar