Tak Diduga, Ternyata Inilah 3 Penyebab Nyeri Punggung

Ilustrasi

 

 

KESIBUKAN pekerjaan yang menyita waktu, tanpa disadari dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan yang dapat menghambat aktifitas sehari-hari. Nyeri punggung salah satunya.

Nyeri punggung menurut medis merupakan kondisi yang disertai rasa sakit, kaku, sulit digerakkan dan tegang. Nyeri ini dipicu oleh posisi tubuh yang salah. Semisal kala membungkuk, berdiri, duduk atau terlalu sering mengangkat benda berat. Berikut ada 3 hal yang dapat menyebabkan nyeri punggung tanpa kita sadari menurut Siti Arofah, S.KM, perawat senior RSI Sultan Agung

Pemakaian kasur lebih dari 8 tahun

Hal yang jarang sekali diperhatikan ini, ternyata bisa berdapak pada kesehatan punggung kita loh, pemakaian kasur selama lebih dari 8 tahun dapat mengurangi kekuatan fungsi kasur untuk menopang tubuh, penurunan tersebut bisa menjadi penyebab nyeri punggung.

Stress

Ternyata stress tak  hanya menggerogoti mental saja namun juga berdampak pada kesehatan, keadaan tubuh yang tidak rileks ternyata bisa memicu nyeri punggung.

Duduk Terlalu Lama.

Duduk terlalu lama juga bisa menyebabkan nyeri pada punggung karna otot yang jarang digunakan untuk bergerak. Kasus ini biasanya sering dialami oleh pekerja kantoran yang jarang melakukan olahraga, sehingga otot menjadi lemah dan tulang belakang akan mengendur.

Untuk menuntaskan hal tersebut, jenis olahraga renang dan lari secara rutin merupakan usaha yang harus dilakukan. Hindarilah membawa beban yang terlalu berat, biasakan duduk dengan posisi tegak, dan gunakan sepatu beralas datar juga bisa membantu mencegah nyeri pungung. (fit)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

55 + = 58

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.