Home > HEADLINE > Tak Bisa Sekolah, 30 Ribu Anak Jateng Terpaksa Bekerja

Tak Bisa Sekolah, 30 Ribu Anak Jateng Terpaksa Bekerja

Ilustrasi Foto Metrojateng/MJ-06
Ilustrasi
Foto Metrojateng/MJ-06

SEMARANG – Jumlah anak-anak di Jawa Tengah yang terpaksa bekerja karena orang tuanya tidak mampu menyekolahkan sangat banyak. Berdasarkan pendataan perlindungan sosial (PPLS) Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan (Dinsakertransduk) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) jumlahnya 36.481 anak.

Kepala Disnakertransduk Jateng Wika Bintang mengatakan, anak-anak tersebut berusia antara 10 tahun hingga 17 tahun. Rata-rata anak tersebut berasal dari keluarga tidak mampu, atau orang tuanya menganggur. Sehingga memaksa anak bekerja untuk membantu perekonomian keluarga.

Dari total angka tersebut, baru 5.580 anak yang berhasil dientaskan untuk kembali bersekolah melalui kegiatan Pengurangan Pekerja Anak Dalam Rangka Mendukung Program Keluarga Harapan. Program yang dilaksanakan mulai tahun 2012 hingga 2014 ini akan dilanjutkan pada tahun 2015 ini.

Tapi dana APBD 2015 yang dikucurkan hanya mampu mengentaskan 120 anak. “Makanya kami upayakan tambahan dana dari APBN, kami perkirakan kalau ada bantuan pusat sekitar 1000 anak bisa kembali sekolah,” kata Wika, Selasa (17/3).

Pengentasakan anak pekerja tidak sekadar biaya pendidikan. Sebab untuk kegiatan belajar mengajar mereka memerlukan sarana penunjang seperti anggaran transportasi, perlengkapan sekolah, dan uang saku.

Maka, Disnakertransduk berkeinginan untuk memberdayakan orangtua anak. Jika ekonomi keluarga membaik, maka anak-anak tersebut tidak harus membantu orangtuanya untu bekerja.

Untuk program ini, Pemprov Jateng akan bekerja sama dengan perusahaan swasta. Satu perusahaan yang sudah tertarik adalah Pan Brothers di Boyolali. Wika berharap lebih banyak perusahaan yang ikut membantu melalui program CSR atau mempekerjakan orangtua anak-anak tersebut. “Kami punya data lengkap by name by address jadi dipastikan tepat sasasaran,” tegasnya. (byo)

Ini Menarik!

Jateng Institute: Masyarakat Jateng Tak Puas Kinerja Ganjar

Share this on WhatsApp SEMARANG – Tingkat kepuasan masyarakat Jawa Tengah terhadap kinerja Gubernur Ganjar …

Silakan Berkomentar