Tahun Politik, Terjebak Mantan Boleh, Terjebak Hoax Jangan

Ilustrasi

 

TAHUN 2018 disebut-sebut sebagi tahun politik bagi Indonesia. Berbagai macam partai politik di 17 provinsi, 39 kota, dan 115 kabupaten sudah mulai bergerak untuk menyongsong PILKADA serentak pada 27 Juni 2018 nanti. Tentunya akan banyak sekali Hoax yang akan berseliweran di media masa.

Hoax sendiri menurut Wikipedia diartikan sebagai pemberitaan palsu, tapi dibuat seolah-olah benar adanya. Hoax bisanya bisa kita temui mulai dari media social Facebook, Twitter, Intagram hingga Broadcast Group Whatsapp keluarga.

Banyak banget loh, dampak negative yang timbul jika kita termakan hoax, antara lain pertengkaran antar saudara, permusuhan antara kelompok A dan B, temen yang tadinya deket bisa jadi jauh cuman gara-gara hoax. Tidak mau itu terjadi? Berikut cara cara menghindari hoax yang bisa kita ikuti.

 

Bersikaplah skeptis

Sikap ragu itu diperlukan karena sejatinya manusia itu terlahir dari ketidak tahuannya akan berbagai hal. Orang yang bersikap skeptis adalah yang tidak mudah percayai sesuatu. Intinya jangan telan mentah-mentah apa yang kalian baca.

 

Berfikir lebih kritis

Jika kalian menemukan berita di media social yang gak masuk akal yang memojokan suatu golongan, ets jangan kepancing amarah dulu. Carilah sumber berita yang akurat dengan data yang valid dan terpercaya.

 

Membandingkan berita

Jika memang ada suatu berita yang menarik perhatian untuk dibaca, lebih baik carilah berita dengan sumber yang berbeda.

 

Batasi Pertemanan di sosial media

Bisanya jika menjelang pesta politik, mungkin beberapa dari kalian memiliki teman yang mendukung suatu golongan secara extreme, dan bisa jadi tanpa tidak sengaja menyebarkan isu yang menyinggung perasaan kalian. maka mengurangi pertemanan dalam social media adalah solusinya. Tidak harus di block, kita bisa hide pertemanan agar menghindari termakan berita hoax.

(Fitria Eka/ dari berbagai sumber)

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

61 − = 52

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.