Home > JATENG RAYA > Tahapan Pilkada Jepara Dimulai Tahun Ini

Tahapan Pilkada Jepara Dimulai Tahun Ini

 

image

JEPARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jepara menyatakan siap untuk memulai tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan wakil Kepala daerah di Kabupaten Jepara yang akan dilaksanakan tahun 2017. KPU berharap, Pilkada yang bakal dilaksanakan serentak oleh 7 kabupaten/kota di Jawa Tengah ini, akan  diikuti banyak calon. Itu disampaikan Komisioner KPU Jepara Subchan Zuhri, Kamis (07/01).

 

Lebih lanjut Subchan menyampaikan, jika Pilkada diikuti banyak calom, maka masyarakat dapat memilih calon yang benar-benar kredibel dan berkualitas. Meski perhelatan kontentasi bupati masih setahun lagi, waktu itu dinilai KPU sudah sangat dekat.

 

“Semakin banyak calon, masyarakat akan lebih leluausa dan banyak referensi untuk memilih calon yang sesuai dengan kehendak hati mereka.  Saat ini Pilkada 2017 sudah sangat dekat,” ujar Subchan.

 

Subchan menambahkan, tahun ini tahapan Pemilusudah dimualai. Untuk itu, bagi partai politik (parpol) yang punya kendaraan atau alat untuk mencalonkan sebagai bupati, diminta untuk segera berkomunikasi dengan masyarakat untuk menjaring bakal calon.

 

“Kami berharap Pemilukada di Jepara tidak sepi calon, termasuk calon perempuan” kata Subchan. 

 

Berkait pencalonan ada dua jalur, yaitu jalur parpol dan peserseorangan, Subchan melanjutkan, itu bisa dilalui dengan berbagai persyaratan yang sudah ditetapkan. Bagi parpol, sesuai Undang Undang (UU) Pemilukada minimal harus 20 persen kursi di DPRD. 10 kursi atau 25 persen perlolehan hasil pemilu 2014.

 

“Jika jalur perseorangan sesuai regulsi yang ada, saat ini ada sekitar 63.000 dukungan masyaakat yang diperlukan untuk pasangan calon bupati dan wakil bupati independent,” terang Subchan.

 

Tahapan Pilkada diperkirakan mulai bulan Juni. Termasuk mempersiapkan Badan Penyelenggara, PPK, dan PPS di masing-masing desa. Kemudian disusul pemutakhiran data pemilih dan sosialisasi.

 

“Untuk pendaftaan calon sendiri diperkirakan pada bulan Agustus nanti. Sedangkan peetapan calon maksimal bulan Oktober tahun ini,” tutup Subchan. (Oby)

 

Ini Menarik!

Golkar Restui Lima Paslon Bertarung di Pilkada Serentak 2018

Share this on WhatsAppSEMARANG – Mendekati Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018, Partai Golkar mengeluarkan …

Silakan Berkomentar