Home > JATENG RAYA > EKONOMI BISNIS > Srikandang Expo, Perkenalkan Batik Tulis Srikandi Buatan Warga Srikandang

Srikandang Expo, Perkenalkan Batik Tulis Srikandi Buatan Warga Srikandang

Srikandang Expo. Foto: Rhobi Shani. 

JEPARA – Kerajinan batik tulis di Kabupaten Jepara mulai bermunculan. Kali ini datang dari desa Srikandang Kecamatan Bangsri. Melalui kegiatan Srikandang Expo 2017, Kamis (09/02/2017) ratusan batik tulis rakyat yang dikenal sebagai batik Srikandi dipamerkan dan diperkenalkan kepada masyarakat Jepara. Hadir dalam kegiatan itu Dinas UMKM Nakertrans, Disperindag Jepara dan Kecamatan Bangsri.

Petinggi Desa Srikandang Angga Arista mengatakan, Srikandang Expo yang digelar di lapangan desa Srikandang merupakan kegiatan pameran yang mengangkat komoditas batik tulis local yang ada di desa Srikandang. 

“Kami menamakan batik Srikandi untuk karya masyarakat Srikandang ini” ujarnya.

Dikatakan Arista, perkembangan batik tulis di desa Srikandang sudah dimulai sejak 2014 lalu. Mulai dari segelintir perajin yang menekuni batik, kini ini sudah mencapai lebih dari 90 orang perajin batik di desa Srikandang. Jumlah perajin di desa Srikandang terus bertambah, sehingga perlu diwadahi agar lebih berkembang.

“Untuk itulah, pemerintah desa menangkap peluang itu dan memberikan fasilitasi kepada perajin untuk dapat mempromosikan batik kepada masyarakat luas,” katanya.
Kedepan pemerintah desa akan membuat pasar atau market desa untuk memasarkan berbagai macam produk asli desa termasuk batik srikandi ini. Disampaikan, persebaran batik Srikandi ini sudah tersebar di 10 RW. Paling tidak ada sekitar delapan kelompok usaha binaan (kube) batik di desa Srikandang.  Batik Srikandi ini tida jauh beda dengan batik Kartini. Dimana secara karakter dan filosofis Srikandi merupakakan sosok yang lemah lembut seperti halnya Kartini.
Sementara itu, Sekertaris Camat Bangsri Diyono mengingatkan kepada para perajin batik untuk dapat menjaga kualitas batik. Selain itu, mereka juga harus lebih kreatif untuk menciptkan motif baru khas desa Srikandang. 

“Kami berharap, agar mereka lebih berkreasi mengembngkan motif khas desa Srikandang ini,” kata Diyono. (oby)

Ini Menarik!

Motorola Beri Harga Khusus Akhir Tahun

Share this on WhatsApp SEMARANG – Di penghujung tahun 2017, Motorola Indonesia menggelar promo bertajuk …

Silakan Berkomentar