Sosialisasi UU Desa, Kades se-Kabupaten Tegal Segera Gelar Musda

Ilustrasi
Ilustrasi

SLAWI – Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) ?Praja? se-Kabupaten Tegal dalam waktu dekat akan menyelenggarakan Musyawarah Daerah (Musda) Istimewa, di Yaumi Centre untuk membahas UU Desa.

Menurut Ketua Panitia, Untung Basuki, dalam musda tersebut akan dilakukan pembentukan kepengurusan yang baru, menyusul banyaknya pengurus yang sudah purnatugas. Bahkan, sekitar 70 persen pengurus FKKD lama sudah pensiun dan beberapa di antaranya memasuki masa purna.

Selain itu, akan dibahas pula Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2014 tentang Penjelasan UU Desa Nomor 6. Para kepala desa di Kabupaten Tegal mengaku masih belum memahami pengelolaan anggaran yang rencananya akan diberikan ke desa sekitar Rp 1,4 miliar.

?Kami berharap Pemda bisa memberikan peraturan daerah (Perda) maupun peraturan bupati (Perbup) sebagai petunjuk teknis. Sehingga nantinya ada kejelasan untuk pengelolaan anggaran,? kata Untung, Kamis (14/8/2014).

Sementara itu, Sekretaris Panitia Dedi Hastomo menambahkan, tidak hanya menggelar musda istimewa saja, pengurus FKKD juga mengharapkan adanya bimbingan teknis (Bintek) dalam struktur teratas.

Ihwal wacana program Bupati Tegal, Enthus Susmono mengadakan sekolah desa, ratusan Kades sangat antusias dan menyambut baik. Bahkan, mereka berharap program tersebut bisa terealisasi secepatnya. ?Kami para kades menyambut baik wacana Bupati menyelenggarakan sekolah desa. Sebab, sekolah desa atau setara dengan diklat yang diperuntukkan bagi kades memang sangat dibutuhkan,? bebernya. (MJ-10)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

8 + 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.