Sosialisasi Pilgub, KPU Libatkan PKK Hingga Kaum Difable

SEMARANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah melibatkan berbagai elemen masyarakat untuk meningkatkan sosialisasi Pemilihan Gubernur (Pilgub) di 35 kabupaten/kota. Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo mengatakan pihaknya saat ini mengajak kaum difabel, lembaga swadaya masyarakat, para seniman, pengurus Posyandu serta ibu-ibu PKK untuk memberikan penyuluhan akan pentingnya berpartisipasi di bursa Pilgub.

Sosialisasi mulai dari desa-desa sampai tingkat rukun tetangga. “Tiap daerah, kita menggandeng 30 unsur komunitas. Mulai dari seniman, Posyandu di tiap kelurahan sampai kaum disabilitas. Itu cara yang paling efektif untuk menarik minat masyarakat berpartisipasi di Pilgub Jateng 2018 nanti,” katanya kepadametrosemarang.com, Kamis (30/11).

Ia menyebut sosialisasi akan dikerjakan sampai batas akhir Pilgub di bulan Juni mendatang. Ia menyiapkan anggaran sebesar Rp 50 miliar untuk membiayai kegiatan ini serta melakukan pemutahiran data pemilih di semua daerah. Dana sebesar itu diambilkan dari pagu anggaran Pilgub Jateng yang digelontorkan dari APBD Jateng senilai Rp 920 miliar.

“Kita sedang dikejar target batas akhir penetapan DPT akan diumumkan Maret nanti,” katanya. Untuk persiapan Pilgub kali ini, Joko sudah merampungkan semua kelengkapan administrasi hingga pencairan honor bagi badan penyelenggara yang mencapai Rp 600 miliar.

Ia berharap Pilgub Jateng jadi tonggak awal untuk memperbaiki daftar pemilih tetap (DPT) yang kerap memicu masalah.Dalam waktu dekat dirinya juga akan menggelar uji publik untuk daftar pemilih sementara. Tata caranya dengan mengerahkan semua lapisan masyarakat untuk mengecek satu per satu pemilik hak suara di tiap rumah.

“Setiap KK hukumnya wajib ngecek satu-satu ke rumah-rumah,” ujarnya.Ia juga mendorong insan media supaya punya keperbihakan pada kebenaran. Ini untuk menangkal isu-isu negatif yang berpotensi memecah belah warga saat Pilgub berlangsung. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

16 + = 20

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.