Home > JATENG RAYA > EKONOMI BISNIS > Soal KPR, Bank Syariah dan Konvensional Tidak Ada Bedanya

Soal KPR, Bank Syariah dan Konvensional Tidak Ada Bedanya

Wakil Ketua Bidang Pembiayaan REI Jateng, Wibowo Tedjo Sukmono. (Foto: metrosemarang.com/ade lukmono)
SEMARANG – Pembiayaan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR) Syariah saat ini banyak difavoritkan para calon pembeli, terutama yang memeluk agama islam. Hal ini dikarenakan pembiayaan syariah dinilai tidak melanggar hukum islam seperti pada pembiayaan kredit berbunga lainnya.
Wakil Ketua Bidang Pembiayaan REI Jateng, Wibowo Tedjo Sukmono mengatakan jika dihitung bunga pada pembiayaan syariah dan konvensional sebenarnya nominalnya hampir sama.
“Yang membedakan mungkin hanya niatnya. Jika konvensional sudah tahu kalau itu adalah bunga, sedangkan di syariah istilahnya adalah bagi hasil,” katanya, Kamis (10/8).
Dia menambahkan, perbedaan yang biasa terlihat adalah biaya administrasi, di mana pembiayaan syariah lebih murah dibanding pembiayaan konvensional. Saat ini pun, bank-bank konvensional sudah mempunyai kedua macam pembiayaan (syariah dan konvensional) saat menawarkan kredit.
Bowo menyebutkan, jumlah peminat dalam pembiayaan konvensional dan syariah hampir sama. “Sebenarnya hampir sama, kalo dihitung kasar mungkin fifty-fifty,” tukasnya. (ade)

Ini Menarik!

Konduktor Asal Amerika Akan Ramaikan Konser Sumpah Pemuda

Share this on WhatsAppSEMARANG – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Pemerintah Kota Semarang melalui …

Silakan Berkomentar