Sidang Kode Etik Alot, Suteki Dicopot dari Magister Ilmu Hukum Undip

SEMARANG – Perseteruan antara Guru Besar Fakultas Hukum Prof Suteki dengan petinggi Universitas Diponegoro (Undip) terkait kasus dugaan ujaran kebencian, kini semakin memanas.

kode etik dosen
Prof Suteki saat ditemui wartawan di ruangannya Gedung MIH Undip Imam Barjo Pleburan Semarang. Foto: fariz fardianto

Ditengah proses persidangan Dewan Kehormatan Kode Etik (DKKE) yang tak kunjung tuntas, pihak rektorat Undip nekat mencopot jabatan Suteki sebagai Kepala Prodi Magister Ilmu Hukum (MIH) Fakultas Hukum.

Kepala UPT Humas Undip, Nuswantoro Dwiwarno mengatakan keputusan untuk mencopot jabatan Suteki telah ditetapkan sesuai Nomor SK: 223/UN7.P/KP/2018.

“Itu juga sudah diunggah di facebook Pak Teki,” kata Nuswantoro, Rabu (6/6).

Tak cuma itu saja. Pria yang sempat meraih predikat Doktor termuda Undip itu juga dipereteli jabatannya. Suteki, kata Nuswantoro, dicopot dari jabatannya sebagai Ketua Senat dan Anggota Senat sejak 6 Juni 2018 kemarin. “Ditambah yang bersangkutan dicopot dari Ketua Prodi MIH, juga,” bebernya.

Ia menjelaskan Suteki pada Rabu telah menghadiri sidang sidiplin yang digelar di Undip. Nuswantoro mengklaim proses sidang sudah sesuai dengan aturan PP 53/2010 tentang ASN.

Lebih jauh lagi, proses sidang disiplin masih belum kelar. Pun demikian dengan kelanjutan sidang DKKE, kini masih dalam proses di internal kampusnya.

Nuswantoro berdalih proses sidang macam ini memang butuh waktu lumayan lama. “Karena harus mendengarkan keterangan ahli. Namun, sampai saat ini yang bersangkutan masih mengajar, Mas,” katanya.

Walau begitu, ia menuturkan bahwa pencopotan jabatan Suteki hanya bersifat sementara.

Sebab hal ini bukan sanksi yang semata dijatuhkan kepada Suteki. Melainkan prosedur tetap yang harus dibebankan kepada Suteki karena telah masuk dalam persidangan disiplin ASN.

“Jika nanti tidak terbukti bersalah, jabatan itu akan dikembalikan lagi,” ujar Nuswantoro. (far)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

33 − 30 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.