Home > JATENG RAYA > Siapkan Masyarakat Hadapi Bencana, Pemkab Jepara Bentuk Desa Tangguh Bencana

Siapkan Masyarakat Hadapi Bencana, Pemkab Jepara Bentuk Desa Tangguh Bencana

Longsor yang terjadi di Desa Tempur Kecamatan Keling Kabupaten Jepara. FOTO ILUSTRASI: Rhobi Shani
​ 

JEPARA – Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) membentuk desa tangguh bencana. Itu dimasudkan untuk menyiapkan masyarakat dalam mengantisipasi dan menghadapi bencana. Salahsatu desa tangguh bencana yaitu, Desa Tempur Kecamatan Keling.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Jepara Pujo Prasetyo menyampaikan, desa tangguh bencana dibentuk untuk menyiapkan masyarakat dalam menghadapi bencana. Sehingga, ketika terjadi bencana masyarakat tidak sepenuhnya bergantung pada pemerintah.

“Minimal ketika ada bencana proses evakuasi tidak harus menunggu petugas datang, tapi masyarakat sudah bisa bergerak sendiri,” ujar Pujo, Rabu (1/2/2017).

Terpisah, Kepala Desa Tempur Sutoyo menyatakan, desa tangguh bencana baru dibentuk pada tahun 2016. Selama 2016, masyarakat mendapat pelatihan kebencanaan sebanyak tiga kali. Hasilnya, saat ini sudah terbentuk kelompok relawan masyarakat tanggap bencana.
“Anggota relawannya ada kalau 100 orang lebih,” kata Sutoyo.
Pelatihan yang diberikan kepada masyarakat, Sutoyo melanjutkan, seperti keterampilan menangani bencana. Kemudian mengenali tanda-tanda bencana. Serta meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan.

“Anggota relawan masyarakat tanggap bencana dari semua unsur. Dari remaja samapai orangtua,” beber Sutoyo.

Keberadaan  kelompok relawan masyarakat tanggap bencana, Sutoyo menilai saat ini cukup efektif dalam penanganan bencana. Dengan sendirinya masyarakat langsung bergerak ketika terjadi bencana.

“Contohnya kemarin, ketika terjadi longsor masyarakat langsung bergerak. Jadi sudah ada perubahan dari yang dulu-dulu,” tandas Sutoyo. (oby)

Ini Menarik!

Motorola Beri Harga Khusus Akhir Tahun

Share this on WhatsApp SEMARANG – Di penghujung tahun 2017, Motorola Indonesia menggelar promo bertajuk …

Silakan Berkomentar