Home > JATENG RAYA > METRO SEMARANG > Siapkan Bukti Gugatan Prabowo, KPU Kendal Kembali Bongkar Kotak Suara

Siapkan Bukti Gugatan Prabowo, KPU Kendal Kembali Bongkar Kotak Suara


Notice: Array to string conversion in /home/metg6994/public_html/wp-content/plugins/jetpack/modules/carousel/jetpack-carousel.php on line 425
Proses pembukaan kotak suara di KPU Kabupaten Kendal. Foto Metro
Proses pembukaan kotak suara di KPU Kabupaten Kendal. Foto Metro

KENDAL – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal kembali membuka kotak suara pemilihan presiden yang tersimpan di dalam gudang. Sebelumnya KPU Kendal sudah membuka kotak suara di 117 TPS namun karena harus dibuka seluruh kotak suara yang berjumlah 1.781, KPU akan membuka seluruh kotak suara.

Pembukaan kotak suara ini dilakukan setelah KPU Kendal diperintahkan oleh KPU Pusat tertanggal 11 Agustus 2014, meski sebelumnya sudah dilakukan pembukaan di 117 TPS. Langkah ini guna pembuktian tidak adanya kesalahan dan kecurangan selama masa pemungutan serta penghitungan suara di Kabupaten Kendal.

Dengan menggunakan tang berukuran besar dan disaksikan saksi kedua pasangan calon presiden serta Panwaslu Kabupaten Kendal, satu-persatu berkas hasil penghitungan suara dikeluarkan dan diperiksa.

Ketua KPU Kabupaten Kendal, Wahidin Said mengatakan pihaknya sudah membuka kotak suara di 117 TPS guna penyiapan alat bukti KPU Pusat. Alat bukti tersebut terdiri dari A5, C7 dan sejumlah berkas lain yang berkaitan dengan DPT di Kabupaten Kendal. Berkas-berkas tersebut nantinya akan dibawa ke KPU Pusat sebagai langkah pembelaan diri atas gugatan Prabowo-Hatta. Alat bukti ini nantinya akan diserahkan dalam bentuk hard copy dan soft copy.

“Tidak semua berkas akan dijadikan alat bukti, untuk surat suara baik yang sah dan tidak sah akan tetap ditinggal dalam amplop yang bersegel di dalam kotak suara. Hal ini karena surat suara merupakan berkas yang dianggap sangat rahasia,” katanya.

Dalam pembukaan kotak suara kali ini dua saksi pasangan capres tidak melakukan protes dan hanya menyaksikan proses pembukaan kotak suara. (MJ-01)

 

Ini Menarik!

Buka Kelas Industri, SMK 7 Didukung Bengkel Mini Bintrako Dharma

Share this on WhatsApp SEMARANG – Zaman sekarang hanya berbekal keterampilan saja tidak cukup bagi …

Silakan Berkomentar