Home > JATENG RAYA > Setiap Tahun, 3 Ribu Siswa di Jepara Putus Sekolah

Setiap Tahun, 3 Ribu Siswa di Jepara Putus Sekolah

image
Ilustrasi

JEPARA – Setiap tahun, 3 ribu siswa lulusan SMP di Kabupaten Jepara, memilih berhenti sekolah.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jepara Ali Maftuh menyampaikan, sebagian besar siswa tak melanjutkan sekolah lantaran bekerja atau menikah.

“Faktor utama tingginya angka putus sekolah ini karena siswa lulusan SMP lebih memilih bekerja, baik bekerja membantu orangtua ataupun bekerja mencari uang untuk dirinya sendiri,” ujar Ali, Senin (1/8/2016).

Ali melanjutkan, setiap tahun jumlah siswa lulusan SMP yang tak melanjutkan pendidikan bertambah. Tahun 2014 jumlah siswa lulusan SMP tak melanjutkan sekolah sekira 3.200 lebih. Tahun 2015 meningkat menjadi lebih dari 3.600 anak.

“Tahun ini angkanya berapa belum tahu, karena baru sebagain sekolah yang memasukan data siswa ke dinas,” kata Ali.

Selain tidak melanjutkan sekolah, siswa lulusan SMP yang memilih sekolah ke luar daerah tergolong cukup tinggi. Tahun ajaran ini, tercatat 777 siswa lulusan sederajad SMP di Kabupaten Jepara yang memilih melanjutkan sekolah ke daerah lain.

“Kalau yang satu ini faktornya bisa mengikuti orangtua yang pindah kerja dan mencari sekolah yang lebih bagus yang di Jepara tidak ada,” ucap Ali.

Berkait dengan itu, secara tidak langsung Kabupaten Jepara dirugikan. Itu karena dapat sebagian besar siswa-siswa yang memilih melanjutkan sekolah ke luar daerah adalah siswa berprestasi.

“Kalau siswa luar daerah yang sekolah di Jepara setiap tahunnya rata-rata 200 anak. Yaitu anak-anak dari Kabupaten Demak yang tinggal di daerah perbatasan dengan Jepara,” terang Ali.

Namun kondisi tersebut berbalik dengan siswa lulusan SD. Tingkat persentase lulusan SD yang melanjutkan sekolah ke jenjang sederajad SMP mencapai 98 persen. Juga tidak banyak siswa lulusan SD yang memilih melanjutkan sekolah ke luar daerah. (Oby)

Ini Menarik!

Menikmati Desa dari Bangunan Kolonial Hotel Garuda

Share this on WhatsApp   BERADA tak jauh dari Gunung Telomoyo, Hotel Garuda yang merupakan …

Silakan Berkomentar