Sepanjang 2017, 50 Anggota Polda Jateng Dipecat

Proses pemberhentian dengan tidak hormat anggota Polda Jateng. (foto: metrosemarang.com/Efendi)
SEMARANG – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah memecat 50 orang anggota yang bermasalah dalam mejalankan tugasnya sebagai seorang polisi sepanjang tahun 2017. Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) tersebut dilaksanakan dua kali yakni pada Febuari lalu sebanyak 26 anggota dan hari ini, Jumat (29/12) sebanyak 24 anggota.
Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono mengatakan dari 24 orang anggota tersebur, 4 diantaranya merupakan perwira. Para anggota tersebut diberhentikan setelah melakukan berbagai kesalahan mulai dari penyalahgunaan narkoba, tindakan pidana, disersi dan pelanggaran kode etik kepolisian.
“Paling banyak itu karena disersi, ada yang lebih dari 30 hari tidak masuk kerja seperti itu,” ujar Condro.¬†Pemecatan tersebut, lanjut Condro dilaksanakan guna membersihkan internal Polri khususnya Polda Jawa Tengah. Hal itu juga dijadikan sebagai instropeksi diri oleh anggota lainnya agar tidak melakukan hal yang sama.
“Kemudian buat anggota yang belum mempunyai prestasi, saya mohon dengan keihlasan untuk tidak melakukan tindakan yang bisa mencederai institusi Polri,” imbuh Condro.
Sementara dalam upacara PTDH yang dilaksanakan di Halaman Mapolda Jateng, Jalan Pahlawan, Semarang pagi tadi, ada dua orang perwakilan yang dilakukan pelepasan atribut kepolisian oleh Kapolda Jateng. Dua orang tersebut dilakukan pencopotan seragam polisi dan digantikan dengan kemeja batik.
“Itu yang maju hanya oerwakilan saja, beberapa memang ada yang tidak hadir,” imbuh Condro.
Selain itu, untuk memotivasi anggotanya,Condro telah membuat kebijakan dengan memberikan reward kepada anggotanya yang berprestasi. Pemberian reward tersebut dilakukan satu bulan sekali setiap tanggal 17. Hal tersebut juga dijadikan sebagai peningkat kinerja anggotanya dalam melaksanakan tugas.
“Kita akan terus melakukan pembinaan personel, pembinaan mental, ketauladanan pimpinan. Jadi setiap tanggal 17 kami akan berikan reward untuk memotivasi mereka agar terus meningkatkan kinerja,” tandas Condro.
Selain itu, dalam upacara PTDH pagi tadi, Polda Jateng juga menyerahkan kenaikan pangkat kepada 1.028 anggota yang berlaku per 1 Januari 2018 nanti. Kenaikan pangkat tersebut mulai dari Bripka keBriptu hingga AKBP ke Kombes Pol. Dalam penyerahannya, ada tiga anggota yang naik pangkat menjadi Kombes Pol, ketiganya yakni Kabid Humas Polda Jateng, Agus Triatmaja, Kabid Propam Polda Jateng, Jamal Farti, serta Kapolresta Surakarta Ribut Hari Wibowo. (fen)
Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

1 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.