Beranda KRIMINAL & HUKUM Selundupkan Sabu 1 Kilogram, Wanita Thailand Digulung di Semarang

Selundupkan Sabu 1 Kilogram, Wanita Thailand Digulung di Semarang

40
0

SEMARANG – Seorang wanita asal Thailand diringkus petugas Bea Cukai Tanjung Emas, Semarang bersama BNNP Jateng. Tersangka bernama Wilaiwan Boonyiam (22) tersebut ditangkap di Bandara Ahmad Yani Semarang setelah kedapatan membawa sabu seberat 1.149 gram atau 1 kilogram lebih.

Wanita tersangka kurir sabu asal Thailand ditangkap petugas Bea Cukai dan BNNP Jateng. Foto: efendi

Penangkapan tersebut bermula saat petugas Bea Cukai Tanjung Emas melakukan pengawasan di Terminal Kedatangan Bandara Ahmad Yani Semarang pada Minggu (1/7) sore. Saat itu petugas mencurigai seorang penumpang wanita turun dari Pesawat Silk Air ML 104 dengan keberangkatan Singapura.

Setelah mengamati gerak-gerik wanita tersebut, petugas kemudian mengamankannya dan melakukan penggeledahan. Saat digeledah petugas menemukan bungkusan warna putih yang diduga sabu dan disimpan di dinding tas ransel yang dibawa tersangka. Petugas kemudian menghubungi pihak BNNP Jateng untuk menindaklanjuti temuan tersebut.

“Dari hasil pemeriksaan terhadap tersangka, Wilaiwan Boonyiam ini merupakan kurir yang berangkat dari Bandara Bangkok Thailand sekitar pukul 09.30 dengan tujuan Singapura. Kemudian dia melanjutkan perjalanan dari Singapura dan tiba di Ahmad Yani sekitar pukul 16.30,” ujar Kepala BNNP Jateng, Brigjen Pol Tri Agus Heru Prasetyo, Selasa (3/7).

Tri Agus mengatakan, tersangka mengaku diperintah oleh seseorang yang berada di Thailand. Ia disuruh menginap di sebuah Hotel di Semarang dan akan diberi tiket kembali setelah berhasil mengantarkan barang haram tersebut.

“Tersangka dijanjikan upah senilai USD 1.500 atau senilai Rp 21 juta untuk mengantarkan narkotika tersebut ke Indonesia,” imbuh Tri Agus.

Kini petugas BNNP Jateng masih mengembangkan kasus tersebut. Sementara tersangka dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) Subsider Pasal 112 ayat (2) UU Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman maksimal hukuman mati. (fen)