Sekolah ini Langganan Banjir Tiap Sungai Waridin Meluap

Halaman SD Negeri 1 Kebonadem terendam banjir. (foto: metrojateng.com/ Edi Prayitno)

 

KENDAL – SD Negeri 1 Kebonadem Brangsong Kendal selalu kebanjiran tiap hujan lebat dan debit Sungai Waridin yang ada di dekatnya meluber. Rumah di belakang sekolah juga ikut terendam banjir, karena posisinya lebih rendah dibandingkan jalan.

Beruntung saja saat luapan air sungai tersebut, kegiatan belajar dan mengajar siswa telah usai dan hanya halaman sekolah itu yang teredam air sedalam 20 cm hinga 30 cm.

Teredamnya halaman sekolah itu dimanfaatkan oleh belasan anak yang rumahnya tak jauh dari sekolah itu untuk berenang di genangan air itu. Nampak mereka riang gembira bermain air tanpa mempedulikan keruhnya air itu.

“Senang mas, ayo sini main sama kami,” ajak Sadam, satu dari beberapa anak.

Chumaedi, kades Kebonadem menuturkan Sekolah dasar itu sering menjadi langganan banjir apabila hujan intensitas besar melanda wilayah Kendal.

“Sudah ada rencana dari para wali murid untuk melakuakan penggurukan halaman sekolah itu agar tidak tergenang banjir, pasalnya anggaran dari pemerintah untuk melakukan penggurakan tidak ada,” katanya.

Halaman rumahnya pun tak jarang ikut tergenang banjir karena  jarak lokasi sekolah itu dan rumahnya tak lebih dari 100 meter. “Walaupun sering banjir, namun cepat surutnya,” katanya. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

5 + 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.