Home > METROJATENG PLUS > Sejuta Manfaat ASI buat Bunda dan Balita

Sejuta Manfaat ASI buat Bunda dan Balita

image

BUNDA mungkin sudah sering mendengar pernyataan tentang berjuta-juta manfaat ASI. Walaupun terdengar berlebihan tapi memang begitulah adanya. Sudahkah Anda memberikan ASI eksklusif untuk si kecil? Selain memiliki banyak manfaat untuk si kecil, ASI juga banyak manfaatnya untuk bunda.

Sederhananya, dengan memberikan ASI kepada si kecil, ternyata Anda bisa lebih menghemat waktu. Anda jadi tidak perlu lagi membeli, mengukur takaran dan suhu susu formula, ataupun membersihkan botol susu. Bayangkan bagaimana kerepotan Bunda jika tengah malam si kecil menangis minta susu. Tentu akan lebih mudah memberikan ASI yang suhu dan takarannya sudah pas, daripada harus pergi ke dapur untuk membuatkan susu bagi si kecil. Anda harus bangun, berjalan terhuyung-huyung untuk membuat susu, belum lagi tangisan si kecil pasti bertambah volumenya ketika apa yang mereka inginkan tidak segera tersedia.

Alasan yang tidak kalah menariknya adalah hemat biaya. Coba Bunda hitung berapa biaya yang harus bunda keluarkan bila membeli susu formula. Dan jangan lupa dengan jargon bahwa Manusia minum air susu manusia, sapi minum air susu sapi, ini merupakan prinsip yang tak dapat diubah. ASI tersedia secara alamiah, ibu hanya perlu menguasai gizi yang seimbang dan cukup, tidak perlu kuatir kekurangan. Minum ASI selain bisa menghemat pengeluaran tiap bulan untuk membeli susu, kita juga tidak perlu beli botol susu dan alat untuk mensterilkan. Lagi pula bayi yang minum ASI daya tahan tubuhnya lebih kuat, dan jarang menimbulkan efek alergi pada tubuh, sehingga jarang sakit dan mengurangi pengeluaran biaya pengobatan.

Kontak fisik sangatlah penting bagi bayi yang baru lahir karena dapat membantu mereka merasa lebih aman, nyaman, hangat, dan menenangkan. Melalui kontak kulit dari bunda dan si kecil ini, bunda juga mendapatkan keuntungan tambahan yakni dapat meningkatkan kadar oksitosin. Ini dapat mengurangi jumlah darah yang keluar setelah melahirkan. Kandungan dan perut bagian bawah juga lebih cepat menyusut kembali ke bentuk normalnya. Ibu yang menyusui bisa menguras kalori lebih banyak, maka akan lebih cepat pulih ke berat tubuh sebelum hamil.

Ketika menyusui, pengeluaran hormon muda bertambah, menyebabkan ibu dalam masa menyusui tidak ada kerepotan terhadap masalah menstruasi. Pada masa ini juga mengurangi kemungkinan terjadinya kehamilan diluar rencana. Menyusui setelah melahirkan dapat mempercepat pemulihan kepadatan tulang, mengurangi kemungkinan menderita osteoporosis (keropos tulang) setelah masa menopause. Menurut statistik, menyusui juga mengurangi kemungkinan terkena kanker indung telur dan kanker payudara dalam masa menopause. Juga ibu yang menyusui tidak perlu bangun tengah malam untuk mengaduk susu bubuk, ketika pergi bertamasya juga tidak perlu membawa setumpuk botol dan kaleng susu, bukankah bisa menjadi seorang ibu yang santai dan gembira.

Nah, gimana Bun? Jangan sampai melewatkan memberikan ASI untuk si kecil ya! Karena ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan baik untuk bunda, dan untuk si kecil pastinya. Be pretty and smart mother! (eva)

Ini Menarik!

Lakukan Olahraga Ini Agar Terhindar dari Oestoporosis

Share this on WhatsApp    APAKAH anda menggemari olahraga jogging, bersepeda, berenang? Atau olahraga lain …

Silakan Berkomentar