Beranda JATENG RAYA METRO BANYUMAS Seekor Buaya Senyulong Dievakuasi dari Rumah Warga Banjarnegara

Seekor Buaya Senyulong Dievakuasi dari Rumah Warga Banjarnegara

40
0
BERBAGI

BANJARNEGARA – Sejumlah petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) berhasil mengevakuasi seekor buaya senyulong dari rumah warga Banjarnegara.

Buaya senyulong betina saat dievakuasi dari kolam milik warga Banjarnegara. Foto: istimewa

Proses evakuasi pada Rabu (6/6) itu dilakukan setelah petugas mendapati laporan dari warga adanya buaya senyulong berjenis kelamin betina yang hidup di kolam belakang rumah warga.

“Kami kemudian langsung bergerak ke lokasi buaya tersebut. Sebab, pada 25 Mei 2018 melalui Call Center Balai KSDA Jateng, ada warga yang telah memberitahukan keberadaan buaya senyulong,” tutur Suharman, Kepala BKSDA Jawa Tengah saat dikonfirmasi, Jumat malam (8/6).

Hewan predator yang punya nama latin Tomistoma Schlegelii selama ini dipelihara tiga tahun oleh warga. Padahal, menurut Suharman, buaya senyulong merupakan habitat langka dan wajib dilindungi oleh negara.

Atas masukan dari pihaknya, kemudian pemilik buaya itu menyerahkannya kepada petugas BKSDA. Ada empat petugas lalu menggotong buaya senyulong sepanjang 2,30 meter. Kedua kaki buaya diikat agar tak mudah lepas saat dimasukan ke dalam mobil pikap.

Setelah menjalani pemeriksaan, buaya senyulong itu dipastikan dalam keadaan sehat. “Dievakuasi dalam kondisi hidup dan dipindahlan ke TRMS Serulingmas Banjarnegara untuk dititip rawatkan,” tandasnya. (far)