Satgas Pangan Tangani Kelangkaan Elpiji 3 Kg

Tim Satgas Pangan – AKBP Egy Andriansuez (Foto : metrojateng.com/Anggun Puspita)

SEMARANG- Satgas Pangan Jawa Tengah berupaya menangani kelangkaan elpiji subsidi 3 kg dengan melakukan sidak di lapangan. Langkah itu dilakukan agar tabung gas subsidi ini digunakan tepat sasaran. Satgas terdiri dari tim kepolisian, Pertamina, serta dinas dan instansi terkait.

Perwakilan Tim Satgas Pangan dari Ditreskrimsus Polda Jateng, AKBP Egy Andriansuez mengatakan, elpiji 3 kg harus sesuai dengan segmen pengguna yang tepat sasaran. Untuk itu, tim satgas telah mulai melakukan sidak ke sejumlah usaha nonmikro yang menggunakan gas elpiji. Bahkan, dalam sidak di sejumlah titik telah ditemukan banyak penggunaan yang tidak tepat sasaran.

“Kami menemukan di sejumlah restoran, maupun UKM dan peternakan yang masih menggunakan elpiji 3 kg untuk menjalankan usahanya dengan volume yang tak sedikit. Ini jelas melanggar aturan yang ada,” katanya, Rabu (10/1).

Namun begitu, lanjutnya, sanksi yang diberikan oleh tim satgas masih berupa teguran dan pembinaan untuk tidak menggunakan elpiji subsidi. Adapun, sanksi pidana akan diberikan jika ada yang menyuntik tabung elpiji 3 kg ke tabung nonsubsidi demi mencari keuntungan.

“Kami juga menginstruksikan hal serupa di masing-masing polres untuk membentuk tim satgas pangan dan melakukan upaya penyisiran penggunaan LPG subsidi di seluruh daerah,” terangnya.

Eggy menegaskan, dalam minggu ini tim satgas pangan juga akan menyisir seluruh agen dan pangkalan elpiji 3 Kg. Langkah ini dilakukan untuk melihat mekanisme penyaluran dengan buku kendali.

“Kami juga akan lihat seperti apa mekanisme penyaluran LPG subsidi ini di tingkat agen dan pangkalan, apakah tepat sasaran kepada yang berhak konsumsi atau tidak, dan penerapan penggunaan buku kendali, serta harga jual yang berlaku,” tegasnya.

Sementara, masyarakat juga bisa berpartisipasi jika menemukan adanya penggunaan dan penyaluran elpiji 3 kg yang tidak tepat sasaran dengan melaporkan ke Posko Satgas Pangan di Direktorat Kriminal Khusus Polda Jateng maupun di masing-masing Polres terdekat. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

89 + = 93

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.