Beranda PLESIRAN KULINER JATENG Sate Landak, Sajian Khas Kaki Gunung Lawu

Sate Landak, Sajian Khas Kaki Gunung Lawu

38
0

SOLO – Tak hanya terkenal dengan wisata alamnya, Kabupaten Karanganyar tepatnya di kaki Gunung Lawu Cemoro Kandang juga terdapat sajian khas yakni sate landak. Sate ini merupakan makanan yang patut anda coba, sate landak juga dipercaya untuk obat asma.

Sate landak, sajian khas kaki Gunung Lawu. Foto: metrojateng.com

Landak sendiri merupakan salah satu hewan pengerat yang dapat ditemukan di sekitar hutan Gunung Lawu. Daging landak juga dipercaya dalam menyembuhkan sakit sesak napas atau asma.

Untuk mencoba sensasi daging landak, Anda bisa menyambangi warung Mbah Mo. Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 20.000 saja setiap porsinya.

“Kalau landaknya itu sekarang susah dicari, tapi banyak masyarakat yang coba terus. Katanya bisa obati sesak napas dan asma,” ujar Tini, pemilik warung sate landak.

Tini menjelaskan tekstur daging landak berbeda dengan daging ayam maupun daging sapi. Daging landak ini lebih keras dan kesat, dan terasa hangat setelah dimakan.

Adrian (28) salah satu pembeli sate landak mengatakan bahwa tekstur dari daging landak sangat berbeda dengan daging ayam, daging landak lebih keras serta rasanya sangat khas tersendiri.

Sate daging landak disuguhkan dengan bumbu kecap serta merica sehingga menambah nikmatnya rasa sate daging landak. “Rasanya enak, kalau dimakan sedikit keras tapi dan hangat di perut,” jelasnya. (MJ-25)