Home > PLESIRAN > KULINER JATENG > Sate Ambal, Sate Berbumbu Tempe Khas Kebumen

Sate Ambal, Sate Berbumbu Tempe Khas Kebumen

Sate Ambal
Sate Ambal

Sate Ambal adalah salah satu jenis kuliner khas dari Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, yang terbuat dari daging ayam. Sesuai dengan namanya, makanan ini berasal dari sebuah desa bernama Ambalresmi, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen.

Untuk menikmati Sate Ambal dengan citarasa asli, Anda dapat menjumpainya di sejumlah warung makan yang ada di Jalan Daendles Ambal. Untuk mencarinya tidaklah sulit karena kawasan ini merupakan salah satu jalan alternatif untuk menjangkau beberapa objek wisata yang ada di Purwokerto, Cilacap, dan Yogyakarta.

Yang membuat Sate Ambal berbeda dari Sate Madura atau jenis sate ayam lainnya ada di bumbunya. Bumbunya lebih encer, berwarna kuning tua dan sekilas terlihat seperti kuah masakan Padang. Bumbu ini dibuat dari tempe yang dihancurkan hingga halus sehingga rasa tempenya hampir tidak ada. Cita rasanya manis-pedas-gurih dengan aroma keharuman rempah yang menggugah selera.

Selain dari bumbu, cara pengolahannya juga agak berbeda. Daging ayam diolah dan dimasak terlebih dahulu bersama dengan bumbu, untuk kemudian sate dibakar di atas bara api. Karena dagingnya telah dimasak dan diolah bersama bumbu terlebih dulu, maka daging sate ini terasa lebih gurih dan memiliki tekstur yang lembut. Saat dibakar, aroma khas dari sate ini mampu menggugah selera untuk menikmatinya hingga ludes.

Dalam penyajiannya, Sate Ambal biasanya dinikmati bersama dengan potongan ketupat dan bumbu tempe tersebut. Penasaran? Jangan lupa, sempatkan mampir untuk menikmati cita rasa asli Sate Ambal di Kebumen. Anda pasti ketagihan. (eva)

Ini Menarik!

Dondurma, Es Krim Atraksi dari Turki

Share this on WhatsApp    “AYO ambil, ayo ambil!” teriakan seorang pria dari tenda es …

Silakan Berkomentar