Santri di Kaliwungu Isi Ramadan dengan Olah Kanuragan

KENDAL – Santri di Kaliwungu Kendal memanfaatkan waktu setelah salat tarawih dengan berlatih seni bela diri harimau putih. Seni beladiri ini juga mengajarkan santri menggunakan peralatan yang dimodifikasi dengan api.

Atraksi ruyung api santri Padepokan Harimau Putih. Foto: edi prayitno

Padepokan seni beladiri silat Harimau Putih di Kampung Kapulisen Desa Krajan Kulon,Kecamatan Kaliwungu Kendal  ini selalu ramai usai salat tarawih. Selama bulan puasa santri berlatih seni beladiri silat setiap sore menjelang buka puasa dan malam hari setelah tarawih. Silat harimau putih yang asli Kaliwungu ini digemari santri karena gerakan dan tekniknya lebih mudah dipelajari.

Selain silat tanpa alat, santri juga dilatih menggunakan sejumlah perlatan mulai golok, tongkat hingga ruyung atau double stick. Namun tidak semata-mata ruyung saja, santri mahir bermain ruyung api.

Dengan lihai santri memainkan ruyung api dan sesekali menyemburkan minyak tanah dari mulutnya hingga membentuk semburan api. Dibutuhkan teknik dan keterampilan khusus memainkan ruyung api ini.

Ketua Padepokan Harimau Putih yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Hidayatul Quran, Muhammad Tommy Fadlurohman mengatakan, seni beladiri silat harimau putih memang asli kaliwungu yang kali pertama dikembangkan almarhum H Istihar. “Awalnya hanya berkembang dikalangan santri, kini hampir di 50 sekolah yang ada di Kabupaten Kendal ada silat harimau putih,” jelasnya.

Khusus di bulan puasa, padepokan harimau putih memberikan pelajaran khusus kepada santri yakni ilmu kanuragan dan tenaga dalam serta permainan api. “Untuk selama puasa ada tambahan teknik kanuragan dan tenaga dalam,” imbuh Gus Tomi.

“Untuk belajar silat harimau putih paling butuh waktu satu bulan sudah bisa mempelajari sejumlah jurus. Apalagi kalau yang sudah ada dasar silat, untuk bisa mainkan ruyung api paling butuh waktu satu minggu sudah mahir,” terangnya. (MJ-01)

 

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

5 + 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.