Beranda JATENG RAYA METRO KEDU Sampai Siang Ini, Merapi Sudah Dua Kali Meletus

Sampai Siang Ini, Merapi Sudah Dua Kali Meletus

53
0
BERBAGI

MAGELANG – Gunung Merapi di perbatasan DIY dan Provinsi Jateng kembali meletus, Kamis (24/5). Hingga siang ini, letusan sudah terjadi dua kali. Letusan pertama terjadi pukul 02.56 Wib dengan amplitudo maksimal 60 MM, tinggi kolom 6.000 meter ke arah barat selama 4 menit, serta terdengar dari semua pos pengamatan.

Pos pengamatan Merapi, Babadan Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. Foto: ch kurniawati

Petugas pos Pengamatan Gunung Merapi Ngepos, Srumbung Kabupaten Magelang, Heru Suparwoko menyebutkan, letusan kedua terjadi pada pukul pukul 10.48 menit dengan durasi 2 menit, amplitudo maksimal 44 mm, tinggi kolom letusan 1.500 meter diamati dari pos pengamatan gunung Merapi di selo Boyolali Jateng. Sedangkan untuk arah angin menuju ke arah barat atau Magelang.

Hingga siang ini, warga Magelang masih merasakan guyuran hujan abu akibat dari dua letusan yang terjadi hari ini. Di wilayah Kabupaten Magelang, hujan abu menyebar hingga 8 kecamatan, masing-maisngĀ  Kecamatan Dukun, Srumbung, Muntilan, Mungkid, Borobudur, Sawangan, Tempuran dan Salaman.

Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Magelang Edi Susanto tetap meminta kepada warga untuk tidak panik dan tetap tenang dan selalu dalam kewaspadaan saat beraktivitas. Dia juga mengimbau kepada warga yang beraktivitas di luar untuk menggunakan masker dan kaca mata.

Sedangkan untuk para pendaki, berdasar rekomendasi dari Taman Nasional Gunung merapi (TNGM) untuk sementara tidak bisa melakukan aktivitas naik gunung Merapi, karena untuk sementara seluruh kegiatan pendakian ditutup.

Sementara, aktivitas warga di seputaran gunung merapi terutama di Kawasan Rawan Bencana (KRB) III, masih normal. Mereka masih terlihat beraktivitas seperti biasa.

Hadi, warga Mertoyudan Kabupaten Magelang, mengatakan, sebaiknya warga memang melengkapi diri dengan masker dan kacamata bila beraktivitas di luar rumah.

BPBD Kabupaten Magelang kembali membagikan masker kepada siswa sekolah dasar di Kecamatan Borobudur. Sampai saat ini, masker yang dibagi sudah mencapai puluhan ribu. (MJ-24).