Sambut Waisak, Ratusan Biksu Jalani Pindapata

MAGELANG – Ratusan biksu dari berbagai daerah di Indonesia, melakukan pindapata atau meminta sedekah dari umat Budha, Senin (28/5). Mereka  menyusuri Jalan pemuda atau kawasan pecinan Kota Magelang.

Para biksu melakukan pindapata atau meminta sedekah kepada umat Budha menjelang perayaan Tri Suci waisak 2562 BE/2018, Senin (28/5) di sepanjang jalan Pemuda Kota Magelang. Foto: ch kurniawati

Umat Budha sudah berderet menunggu para biksu sambil membawa amplop berisi uang maupun makanan. Saat para biksu berada di depan mereka, maka umat segera memasukkan sedekahnya ke dalam wadah yang dibawa bhiksu.

Penasihat Tempat Ibadat Tri Dharma Klenteng Liong Hok Bio Kota Magelang, Paul Candra Wesi Aji, menjelaskan, pindapata merupakan tradisi yang masih berlangsung sampai sekarang. Khususnya di negara-negara Budhis, seperti Thailand, Myanmar, dan Kamboja.

Sedangkan di Indonesia hanya dilaksanakan menjelang perayaan Trisuci Waisak, dimana kegiatannya dipusatkan di candi agung Borobudur Magelang. Apalagi di Magelang, jumlah biksu tidak sebanyak di negara Budhis seperti Thailand.

“Di Magelang mungkin hanya sekitar 10-15 biksu saja. Jadi tradisi pindapata tidak dilaksanakan setiap hari,” ungkapnya.

Menurut Paul Candra, umat Budha yang memberikan sedekahnya kepada para biksu tidak hanya berasal dari Magelang saja, namun juga dari luar kota. Mereka ada yang datang dari Jakarta, Bogor, Tangerang, Surabaya dan kota-kota lain.

“Mereka sengaja datang ke Magelang untuk mengikuti kegiatan rangkaian Trisuci Waisak  2562 BE/2018 yang dipusatkan di candi Borobudur,” ujarnya.

Sebelum menyusuri Jalan Pemuda untuk melakukan pindapata, para hiksu lebih dulu melaksanakan doa bersama di Klenteng Liong Hok Bio. Doa ini dimaksudkan untuk memohon keselamatan seluruh umat di dunia.(MJ-24)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

− 2 = 1

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.