Beranda JATENG RAYA METRO SOLO Sambut Lebaran, Pemkot Solo Gelar Opera Gua Kiskenda

Sambut Lebaran, Pemkot Solo Gelar Opera Gua Kiskenda

31
0
BERBAGI

SOLO – Sambut pemudik Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengelar Bakdan Ning Sala. Acara yang dikonsep opera ini digelar selama tiga hari mulai 18-20 Juni 2018, pukul 19.30 WIB.

lebaran solo
Acara Wilujengan penari Opera di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT), Solo. (Foto: metrojateng/MJ-25)

Acara yang berlokasi di Benteng Vastenburg tersebut menampilkan lakon “Gua Kiskenda”.  Bakdan Ning Sala yang sudah digelar keempat kalinya ini akan menampilkan artistik bangunan yang dikonsep menyerupai gua.

“Tahun ini tidak ada obong-obongan, kita lebih ke pendekatan costume pemain yang lebih seperti film dan tidak mengurangi rasa tradisi, selain itu konsep dekorasi juga akan beda, masuk area benteng nanti seperti masuk ke gua,” ujar Sutradara, Agung Kusumo dalam jumpa press di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) Solo, Sabtu (9/6).

Ia menjelaskan dekorasi opera dengan lakon Gua Kiskenda ini dimulai dari depan. Adanya dua pohon beringin di benteng akan dimanfaatkan untuk dekorasi gua sebagai jalan masuk penonton.

“Opera ini ditarikan 150 orang dari beberapa sangar, alumi, pengajar dan mahasiswa ISI serta anak-anak sekolah di Solo,” imbuhnya.

Opera yang akan berlangsung selama dua jam di komposeri oleh Dedek Wahyudi dan Gregoriyanto Kris Mahendra. Bakdan Ning Sala sendiri ide dari Walikota Solo pada empat tahun lalu, pertama buat Opera Ramayana yang berlangsung selama tiga malam.

“Ini yang keempat diharapkan bisa menjadi semacam patron  bakdan ning Sala, jadi masyrakat bisa menikmati kesenian dan budaya di Solo sembari mudik pulang kampung,” ujar Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo. (MJ-25)