Sambut Imlek, Bersihkan Kelenteng dan Larung Sisa Abu

Arca Dewa Bumi Kelenteng Hok Tek Bio Welahan telah dibersihkan. (foto: metrojateng.com/MJ-23)

JEPARA – Arca, tempat abu dan komplek Kelenteng Hok Tek Bio Welahan, Kabupaten Jepara dibersihkan. Hal itu dilakukan menjelang peringatan tahun baru Imlek tahun ini.

Ketua Yayasan Kelenteng Welahan, Sugandi menuturkan bahwa bersih-bersih kelenteng ini untuk menyambut peringatan tahun baru Imlek.

“Iya, memang sudah semestinya tiap tahun dibersihkan. Semua komplek kelenteng termasuk arca dan tempat abu yongsua,” ujarnya, Selasa (6/2).

Bersih-bersih meliputi semua ruangan dan komplek kelenteng. Tak ketinggalan arca Dewa Bumi dan juga tempat abu yongsua. “Ada puluhan orang yang ikut bersih-bersih. Mereka datang dari lokal Jepara dan luar kota seperti Jakarta,” lanjutnya.

Tidak ada ritual khusus dalam membersihkan kelenteng. Hanya, sisa abu yang diayak nantinya akan dilarung ke sungai yang berada di dekat kelenteng.

“Keyakinannya memang untuk menolak bencana seperti banjir. Dan jika masuk ke irigasi akan menyuburkan pertanian,” papar dia. Dikatakannya, di Welahan terdapat dua kelenteng tua yakni Hok Tek Bio (Dewa Bumi) dan Hian Thian Siang Tee (Dewa Langit).

“Hari ini bersih-bersih di Kelenteng Hok Tek Bio, dan besok di Kelenteng Hian Thian Siang Tee,” pungkas dia.(MJ-23)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

88 − 79 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.