Home > JATENG RAYA > METRO SOLO > Sambut HUT RI, Siswa-siswa SD Ini Cuci 69 Bendera Merah Putih

Sambut HUT RI, Siswa-siswa SD Ini Cuci 69 Bendera Merah Putih


Notice: Array to string conversion in /home/metg6994/public_html/wp-content/plugins/jetpack/modules/carousel/jetpack-carousel.php on line 425
Siswa SDN 1 Jelok, Cepogo menjemur bendera merah putih di halaman sekolahnya untuk menyambut HUT ke-69 RI. Foto Metro
Siswa SDN 1 Jelok, Cepogo menjemur bendera merah putih di halaman sekolahnya untuk menyambut HUT ke-69 RI. Foto Metro

BOYOLALI – Menyongsong HUT kemerdekaan RI, siswa-siswi di SDN 1 Jelok, Kecamatan Cepogo, Boyolali melakukan aksi mencuci bendera Rabu (13/8). Kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa cinta dan nasionalisme kepada anak didik sejak dini.

Dalam aksi tersebut, ada 69 bendera yang dicuci, sesuai dengan HUT Kemerdekaan RI tahun 2014 ini. Meski demikian, total jumlah siswa yang terlibat dalam kegiatan ini skeitar 115 siswa. 69 anak mencuci bendera merah putih. Sedangkan 46 siswa membawa poster bertuliskan pesan-pesan bernada nasionalisme. Para siswa ini juga memberikan semangat kepada rekan-rekannya dengan terus menyanyikan lagu-lagu perjuangan.

“Kegiatan ini kami gelar untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan kecintaan siswa sejak dini, bersamaan dengan momentum peringatan HUT ke-69 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2014,” ujar Kepala SDN 1 Jelok, Supriyadi, kepada wartawan disela-sela acara.

Memilih kegiatan mencuci bendera merah putih ini, menurut Supriyadi, karena bendera merupakan identitas bangsa. Apalagi setiap tahunnya ketika memperingati HUT RI, bendera-bendera tersebut selalu dipasang di rumah-rumah siswa. Sehingga harapannya bendera-bendera tersebut dalam keadaan bersih saat dipasang di depan rumah.

Bendera-bendera tersebut dibawa para siswa dari rumahnya masing-masing. Setelah dicuci, bendera dijemur di sebuah tali yang telah disiapkan di halaman sekolah. Lebih lanjut dikatakan Supriyadi, kegiatan ini juga merupakan salah satu penerapan pembelajaran khususnya kurikulum 2013, terutama pembentukan karakter. “Yaitu untuk membentuk karakter siswa, seperti kecintaannya terhadap tanah air, sifat memiliki, bertanggungjawab, kerjasama serta disiplin,” katanya.

Sementara seorang siswa, Rita, mengaku senang dengan kegiatan ini. Menurut dia, mencuci bendera ini merupakan bentuk kecil pengungkapan rasa cinta terhadap negara Republik Indonesia. “Bendera harus bersih saat dipasang sehingga enak dipandang,” kata siswi kelas VI ini. (MJ-07)

Ini Menarik!

Ini Bocoran Menu Pesta Pernikahan Kahiyang

Share this on WhatsAppSEMARANG – Sebuah tempat persewaan alat pesta di Semarang bernama ADA mendapat …

Silakan Berkomentar