Home > JATENG RAYA > METRO SOLO > Saluran Irigasi Primer Waduk Bade Dinormalisasi

Saluran Irigasi Primer Waduk Bade Dinormalisasi

Waduk Bade  Foto Metrojateng/dok wikimapia
Waduk Bade
Foto Metrojateng/dok wikimapia

BOYOLALI – Normalisasi saluran air primer dari Waduk Bade, Kecamatan Klego, Boyolali mulai digarap. Normalisasi saluran irigasi tersebut diharapkan dapat mengairi lahan pertanian seluas 1.357 hektar yang berada di dua kecamatan. Yaitu di Klego dan Andong.

“Normalisasi ditangani langsung oleh PSDA (pengelola sumber daya air) Surakarta. Normalisasi saluran irigasi sepanjang dari Desa Banyu Urip (Klego) hingga Desa Semawung (Andong),” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Energi Sumber Daya Mineral (DPU ESDM), M Qodri, kepada wartawan Selasa (9/9).

Menurut Qodri, daerah irigasi Waduk Bade ditangani oleh PSDA, karena cakupannya mencapai 1.357 hektar. Karena sesuai ketentuan cakupan daerah irigasi 1.000 – 3.000 hektar ditangani PSDA. Sedangkan dibawah 1.000 hektar ditangani oleh Pemkab setempat.

Saluran irigasi primer Waduk Bade perlu dinormalisasi, jelas dia, karena sedimentasi yang cukup tinggi. Hal ini membuat daya tampung air berkurang signifikan. Karena penumpukan sedimentasi tinggi baik di waduk maupun di irigasi primer, membuat aliran air tidak optimal.

Dengan normalisasi saluran primer tersebut, diharapkan nantinya aliran air dari Waduk Bade bisa normal, yakni sampai ke wilayah Semawung. Namun tentunya aliran irigasi juga dipengaruhi musim. Karena di musim kemarau volume air di waduk menyusut drastis.

Sedangkan berkait rencana pengerukan sedimentasi Waduk Bade, Qodri mengaku sampai saat ini belum mendengar akan segera dilaksanakan. Pengerukan sedimentasi waduk menjadi kewajiban pemerintah pusat. Pihaknya pun masih menunggu kebijakan pemerintah pusat, apalagi untuk pengerukan sedimentasi waduk membutuhkan dana miliaran rupiah. (MJ-07)

 

Ini Menarik!

Ini Bocoran Menu Pesta Pernikahan Kahiyang

Share this on WhatsAppSEMARANG – Sebuah tempat persewaan alat pesta di Semarang bernama ADA mendapat …

Silakan Berkomentar