Home > Uncategorized > Ribuan Relawan PMI Siaga di Pos Ambulans

Ribuan Relawan PMI Siaga di Pos Ambulans

image
Pos PP dan Ambulans PMI di SMK Texmaco Semarang, menyediakan tempat istirahat yang dilengkapi MCK dan hot spot area. Foto Metro

SEMARANG – Mulai melonjaknya arus mudik yang menuju maupun memasuki wilayah Jawa Tengah diimbangi dengan  diturunkannya ribuan relawan PMI. Sebanyak 1.174 orang telah tersebar di sejumlah Pos Pertolongan Pertama (PP) dan Pelayanan Ambulans di seluruh Jawa Tengah.

Ketua PMI Jawa Tengah, Sasongko Tedjo mengatakan, hal itu dilakukan untuk memberikan pelayanan kepada para pemudik. Lokasi penyebaran Pos PP dan Ambulans PMI terdapat di semua kabupaten/kota di Jawa Tengah. Terutama di jalur mudik dan padat lalu lintas sebanyak 75 pos. “Kami siaga 24 jam, termasuk di stasiun dan terminal,” terangnya, Sabtu (26/7).

Disinggung terkait jumlah relawan, Sasongko menjelaskan, semua relawan memiliki ketrampilan pertolongan pertama. Dilengkapi dengan ambulans yang siap diterjunkan. “Ada 40 unit ambulans beserta dokter dan perawat, dan kami bekerja baik secara mandiri maupun terpadu dengan polisi dan dinas terkait,” imbuhnya.

Berbagai instansi tersebut di antaranya Kepolisian, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan dan lain-lain.

Kadiv Yankes PMI Jateng, Suwiyah menambahkan, penanganan yang dilakukan ketika terjadi kecelakaan yakni dengan memberikan pertolongan pertama kepada korban serta merujuk ke rumah sakit terdekat.

“Tidak hanya korban luka yang ditangani, tapi beberapa korban meninggal juga dievakuasi tim PMI, seperti kecelakaan yang terjadi di Purbalingga,” timpalnya.

Berbagai fasilitas tambahan juga tersedia di Pos PP yakni hot spot area. (les)

Ini Menarik!

PKL Resmi di Semarang Akan Diberikan Kartu Anggota

Share this on WhatsApp SEMARANG – DPRD Kota Semarang sedang berusaha membuat peraturan yang mengatur …

Silakan Berkomentar