Remaja Jadi Target Penanaman Nilai Juang 45

SEMARANG – Penanaman karakter dan nilai kejuangan 1945 terus dilakukan kepada masyarakat. Dewan Pengurus Cabang (DHC) 45 Kota Semarang membidik kalangan remaja untuk menerapkan nilai-nilai tersebut.

Pengurus Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan Nilai Kejuangan 45 Kota Semarang dilantik Ketua DHD 45 Jawa Tengah Sudharto di Gedung Juang 45. Foto: istimewa

Hal itu disampaikan Ketua Dewan Pengurus Cabang (DHC) 45 Kota Semarang, Soejono seusai pelantikan pengurus Dewan Harian Cabang Badan Pembudayaan Nilai Kejuangan 45 Kota Semarang.

“Sekarang ini 27,4% remaja di Kota Semarang tersebar pada pendidikan formal, non formal, dan informal. Namun, masih belum terlihat hasil dari pendidikan karakter yang digadang-gadang menghasilkan produk pendidikan yang memiliki 18 karakter berisikan 17 nilai yang kejuangan 1945,” tuturnya.

Hal itu juga menjadi tantangan revolusi industri seri 4.0 dan membutuhkan strategi, sinergitas yang tinggi, serta reduksi persepsi para pengurus dalam berinteraksi dengan para remaja zaman sekarang.

“Karakter remaja saat ini sangat lugas dan berbeda dengan pola komunikasi zaman-zaman dulu yang cenderung terstruktur dan kaku. Untuk mengatasi itu ada tantangan yang tidak kalah penting, yauti memberdayakan kembali Dewan Harian Ranting 45 yang di kecamatan,” kata Soedjono.

Dalam kesempatan tersebut Ketua DHD 45 Jawa Tengah Sudharto melantik Ketua Dewan Pengurus DHC 45 Kota Semarang, Soejono ditandai penyerahan pataka kejuangan 45. Hadir dalam acara Plt Kabid Poldagri Badan Kesbangpol Kota Semarang Joko Hartono, Pengurus DHD 45 Provinsi Jawa Tengah, organisasi pemuda, perwakilan sekolah di Kota Semarang, pelaku perjuangan 45, juga dewan harian ranting 45 kecamatan di Kota Semarang.

Dalam sambutannya, Plt Kabid Poldagri Badan Kesbangpol Kota Semarang Joko Hartono mewakili Wali Kota Semarang sangat menekankan kepada pengurus yang baru dilantik untuk dapat bersinergi dengan pemerintah kota dalam menanamkan nilai-nilai kejuangan 45 kepada generasi muda di Kota Semarang.

“Menjaga etika bermasyarakat harus menjadi fokus pengurus DHC 45 Kota semarang yang baru, juga segera memberdayakan kembali Dewan Harian Ranting 45 di setiap kecamatan agar gerakan penanaman nilai kejuangan 45 segera dirasakan hasilnya oleh masyarakat Kota Semarang,” katanya. (ang)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

46 − 41 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.