Beranda JATENG RAYA METRO BANYUMAS Relawan Temukan Warga Terluka akibat Gempa Banjarnegara

Relawan Temukan Warga Terluka akibat Gempa Banjarnegara

66
0
BERBAGI

SEMARANG – Sejumlah relawan gabungan dari unsur TRC BPBD Banjarnegara telah terjun ke lokasi gempa bumi di Desa Kertosari, Dusun Kebakalan, Kecamatan Kalibening. Tri Sugiarto, seorang relawan TRC BPBD Banjarnegara mengatakan proses evakuasi sedang dikerjakan oleh timnya yang dibantu aparat TNI/Polri.

Rumah warga Kalibening rusak berat akibat guncangan gempa berkekuatan 4,4 SR. Foto: Dok TRC Banjarnegara

Ia mengatakan banyak tembok rumah warga roboh serta atap bangunan ambrol akibat guncangan gempa bumi berkekuatan 4,4 skala richter.

“Permukiman warga di Kebakalan Desa Kertosari Kalibening yang dilanda gempa terparah. Di sana terdapat tiga RT dengan jumlah 136 KK kurang lebih 500 jiwa dan hampir 90 persen pemukiman mengalami kerusakan,” kata Tri saat dikontak, Rabu sore (18/4).

Ia mengatakan ada warga yang ditemukan mengalami luka-luka lantaran terkena reruntuhan bangunan. Saat ini, korban gempa sudah dibawa ke puskesmas terdekat. “Ada beberapa warga yang terluka dan sudah dievakuasi,” terangnya.

Untuk warga lainnya, kata Tri, sementara diungsikan ke rumah yang aman di Dusun Gunung Tawang.

Tim TRC BPBD Banjarnegara sudah di lokasi dan sedang melakukan pendataan. “Upaya yg dilakukan membuka posko darurat di Kalibening,” ujar Tri lagi.

Ia mengimbau masyarakat setempat tetap tenang dan tidak terpengaruh informasi yang tidak jelas. “Kami saat ini sedang melakukan evakuasi dan pencarian korban gempa,” terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, masyarakat Banjarnegara dikejutkan guncangan gempa di siang bolong. Stasiun Geofisika Yogyakarta mencatat gempa bumi menggoyang kabupaten di lereng Dieng itu pada hari ini, Rabu (18/4) pukul 13.28 WIB.

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Yogyakarta, I Nyoman Sukanta, gempa bumi tersebut berkekuatan 4.4 skala richter dengan pusat gempa di darat pada koordinat 7.21 LS dan 109,65 BT, berjarak 52 kilometer utara Kebumen. Kedalaman gempa mencapai 4 kilometer.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, menjelaskan gempa berjarak 52 kilometer utara Kebumen pada Rabu (18/4) pukul 13.28 WIB. Gempa tidak berpotensi tsunami. Lokasi pusat gempa berada di darat yang diakibatkan oleh aktivitas patahan atau sesar lokal.

“Awalnya dilaporkan gempa kekuatan 4,2 SR dengan kedalaman 10 km namun direvisi 4,4 SR kedalaman 4 km,” tegasnya. (far)