Rekrut Anggota Baru, Kapolda Jateng: Jadi Polisi itu Tidak Bayar

polda jateng rekrutmen simpanglima
Pembacaan ikrar panitia perekrutan anggota polisi 2018 di Kawasan Tugu Muda, Semarang, Kamis (15/3) malam. (foto: metrojateng.com/Efendi)

SEMARANG – Stigma masyarakat yang menganggap proses rekrutmen polisi membutuhkan banyak biaya agar mudah diterima harus dihapuskan. Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono usai memimpin ikrar bersama panitia daerah rekrutmen anggota Polri TA 2018 di kawasan Tugu Muda, Semarang, Kamis (15/3) malam.

“Jangan takut mendaftar sebagai calon anggota Polri. Rekrutmen sudah tidak ada biaya apa pun alias gratis. Saya juga mengimbau kepada masyarakat, jangan mau kalau ada orang yang mengatasnamakan anggota polri atau panitia yang meminta sejumlah uang terkait proses perekrutan anggota Polri. Dipastikan itu bohong sebab sudah banyak yang kami ungkap,” ujar Condro.

Condro juga mengatakan ikrar yang dibacakan di tempat bersejarah tersebut merupakan tindak lanjut dari Rakernis SDM Polda Jateng yang digelar di Wisma Perdamaian pada Kamis (15/3) siang. Adapun dalam ikrar tersebut terdapat beberapa poin penting. Di antaranya, panitia rekrutmen akan melaksanakan proses rekrutmen yang jujur, bersih, transparan, akuntabel, dan humanis (BETAH).

Selain itu, ia juga tidak memberikan toleransi terhadap berbagai bentuk intervensi atau titip-menitip, serta berkomitmen untuk tidak melakukan penyimpangan dalam bentuk apa pun. “Ikrar yang telah kita ucapkan tadi agar dapat diimplementasikan oleh semua anggota, khususnya panitia rekrutmen calon anggota Polri,” pesan Condro kepada anggotanya.

Proses rekrutmen anggota Polri sendiri akan dimulai pada bulan April, diawali perekrutan Bintara Polisi. Perekrutan ini berdasarkan kualitas calon anggota. Hal itu sudah dibuktikan pada proses perekrutan anggota Polri pada tahun 2017 lalu.

“Proses perekrutan ini semua berpulang kepada calon anggota. Jadi dari sekarang bisa menyiapkan diri dengan berlatih dan belajar sampai saat nanti mulai proses rekrutmen. Kami komitmen untuk merekrut anggota berdasarkan kualitas, sudah bisa dilihat dari hasil rekrutmen tahun lalu yang sudah bagus secara kualitas,” pungkas Condro. (fen)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

77 − = 68

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.