Home > JATENG RAYA > METRO KEDU > Ratusan Warga di Borobudur Kekurangan Air Bersih

Ratusan Warga di Borobudur Kekurangan Air Bersih

image
Ilustrasi

MUNGKID– Ratusan warga yang tinggal di Desa Kembanglimus Kecamatan Borobudur kekurangan air bersih. Air sumur dan mata air telah hilang seiring musim kemarau yang sudah berlangsung beberapa bulan ini.

Melalui pemerintah Desa Kembanglimus, mereka telah mengajukan permintaan dropping air. “Utuk saat ini, mungkin sumber airnya masih bisa dipergunakan meski mulai habis,” kata Isbakir,  Kepala Seksi Logistik di BPBD Kabupaten Magelang, Kamis (4/9).

Untuk Desa Kembanglimus sendiri, kata Isbakir, ada tujuh dusun yang mengalami kekeringan. Meliputi tiga titik di Dusun Sembungan yang dihuni 115 Kepala Keluarga (KK) dengan 327 jiwa. Kemudian dua titik di Dusun Wonotigo yang dihuni 62 KK dengan 184 jiwa. Setelah itu ada satu titik masing–masing di Dusun Ngasinan yang dihuni 32 KK dengan 97 jiwa, Dusun Bogelan dengan 41 kk dan 112 jiwa serta Dusun Bumen dengan 87 KK dan 289 jiwa. 

“Mereka mengajukan sejak tanggal 27 Agustus kemarin. Alasannya, sumber air diwilayah itu sudah tidak bisa memenuhi kebutuhan masyarakat,” katanya.

Sebagai langkah antisipasi, pihaknya sudah menggelar rapat bersama pemerintah desa yang rawan kekeringan dan dinas terkait lainnya. “Untuk drooping air nantinya, hanya dilakukan sebagai langkah darurat alternatif,” ungkapnya

Untuk tahun ini, Isbakir mengatakan, pihaknya mendapat alokasi dana Rp 35 juta dari APBD 2014 yang setara dengan 80 tangki. Dana itu akan dipakai untuk menyediakan air bersih sebanyak 72 tangki. (MJ-14)

Ini Menarik!

Tingkatkan Produktivitas Usaha Mikro, Bank Jateng Siap Gelar IIMF

Share this on WhatsApp SEMARANG – Bank Jateng bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah siap menggelar …

Silakan Berkomentar