Home > JATENG RAYA > Ratusan Taruna Akmil “Tumpahkan Darah” di Artos Mall Magelang

Ratusan Taruna Akmil “Tumpahkan Darah” di Artos Mall Magelang

para taruna Akademi Militer mengantre untuk donor darah di Artos Mall Magelang.

MAGELANG – Ada pemandangan berbeda di Artos Mall Magelang pada Selasa (24/1). Ratusan taruna/taruni  Akademi Militer (Akmil) memadati Atrium sehingga menarik perhatian banyak pengunjung. Padahal hari Selasa bukan merupakan hari pesiar para taruna.
    Para taruna taruni terlihat sedang antre untuk di ukur tekanan darahnya. Ada juga yang diambil darah untuk mengetahui HB nya. Namun ada juga yang sedang diambil darahnya.

    Nampaknya, para calon serdadu ini sedang menggelar aksi donor darah selama sehari penuh. Aksi kemanusiaan terebut merupakan salah satu rangkaian Hari Bhakti Taruna. 

    “Donor darah ini merupakan salah satu bentuk  pengabdian kami kepada masyarakat dan kepedulian Taruna terhadap nilai-nilai kemanusiaan,” kata Wakil Komandan Resimen Akmil, Letkol Inf Hendra Saputra Kusuma, di sela-sela aksi donor darah.

    Ia juga menyebutkan, aksi ini sebagai wujud implementasi Hari Bhakti Taruna, yang meneladani dan mewarisi semangat, motivasi, kebanggaan akan perjuangan para Taruna  pendahulu yang ikut berjuang mempertahankan kemerdekaan dari penjajahan kolonial Belanda dan Jepang.

    Ia menceritakan,  peristiwa pertempuran yang diikuti oleh Taruna pada masa penjajahan yang pertama, yaitu peristiwa Pertempuran Lengkong Pada tanggal 25 Januari 1946.

    Pertempuran Lengkong terjadi saat penugasan damai Internasional pelucutan senjata Jepang oleh Taruna Akademi Militer Tangerang ( Resimen IV TNI di Tangerang) yaitu resimen yang mengelola Akademi Militer Tangerang pimpinan Mayor Daan Mogot. Dalam peristiwa tersebut telah gugur 37 Taruna, 35 Taruna ditawan dan 3 meloloskan diri.

    Ia menyebutkan, aksi donor darah ini tidak hanya diikuti oleh warga Akmil saja, melainkan juga terbuka untuk umum. Tidak sedikit pengunjung Artos Mall juga ikut serta dalam aksi donor darah ini. Selain itu, pihak Akmil juga menggandeng mahasiswa perguruan tinggi yang berada di wilayah Magelang.

    Heru (20), salah satu mahasiswa dari perwakilan Universitas Negeri Tidar Magelang mengatakan, Akmil selalu memberikan undangan dalam setiap kegiatan sosial yang diadakan, termasuk donor darah ini. “Dari Untidar sendiri diberikan undangan sekitar 100 mahasiswa untuk berpartisipasi dalam aksi donor darah ini. Saya pribadi mendukung kegiatan donor darah ini, apalagi diadakan di Atrium Artos Mall. Dengan begitu, masyarakat menjadi bisa terlibat dalam kegiatan Akmil, sehingga masyarakat dan militer bisa saling berbaur.”, ungkap Heru.

    Selain donor darah, para taruna/taruni juga unjuk kebolehan dengan bermain musik untuk menghibur penonton. Mereka tampil apik di panggung yang dibangun di Atrium. Pengunjung tidak menyia-nyiakan kebolehan para taruna/taruni ini dalam bermain musik terutama saat mereka meniup saxophone.

    Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kota Magelang, Dr Bramantyo mengatakan, dalam aksi donor darah ini, pihaknya melibatkan PMI dari Kabupaten Magelang, Wonosobo dan Temanggung agar tidak terjadi over stok. Sehingga persediaan darah masing-masing daerah tercukupi.

    Dari Taruna Akmil mengirimkan 500 taruna, kemudian 200 dari siswa SMA TN dan 200 dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum.(MJ-24)

Ini Menarik!

Menikmati Desa dari Bangunan Kolonial Hotel Garuda

Share this on WhatsApp   BERADA tak jauh dari Gunung Telomoyo, Hotel Garuda yang merupakan …

Silakan Berkomentar