Home > JATENG RAYA > Ratusan Atlet Pelajar Ikuti Defile Popnas XIV Jateng di Simpang Lima

Ratusan Atlet Pelajar Ikuti Defile Popnas XIV Jateng di Simpang Lima

Menpora Imam Nahrowi menabuk beduk bersama Ganjar Pranowo dan Sri Puryono sebagai tanda dimulainya pembukaan Popnas XIV Jateng di Simpang Lima Semarang, Selasa (12/9).

SEMARANG – Ratusan atlet dari 34 provinsi di Indonesia mengikuti parade defile pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Tingkat Nasional (Popnas) XIV di Lapangan Pancasila, Simpang Lima Semarang, Selasa (12/9).

Parade defile itu diikuti 25 atlet tiap perwakilan kontingen. Mula-mula iring-iringan kontingen Gorontalo memasuki Lapangan Pancasila untuk kemudian diikuti atlet dari provinsi lainnya. Kontingen Jawa Tengah sendiri berada pada urutan terakhir yang memasuki lapangan.

Dalam acara tersebut juga dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrowi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Sekda Jateng Sri Puryono serta para pejabat Kemenpora.

Menpora Imam Nahrawi meminta kepada panitia Popnas untuk melayani para atlet, ofisial serta masyarakat luas agar gelaran acara tersebut berjalan lancar.

“Tentu saja Popnas diharapkan jadi satu langkah untuk pelajar supaya dapat diukur apakah mereka dipilih secara konsistrn kemudian diarahkan membawa nama harum bangsa dan negara Indonesia,” katanya.

“Makanya harus diawasi dan pantau agar menjadi atlet yang besar. Wasit juga patut bersikap fair karena Popnas jadi ujung tombak dari bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Sedangkan, Sekda Provinsi Jateng Sri Puryono menyampaikan bahwa ajang Popnas XIV Jateng mempertandingkan 21 cabang olahraga (cabor) yang diikuti 6.200 atlet dan ofisial 34 kontingen yang ada di Indonesia.

Untuk jumlah nomor yang dipertandingkan ada sebanyak 287 nomor. Selain itu juga mempertandingkan empat cabor eksebisi meliputi anggar, panjat tebing, sepatu roda serta wushu. Popnas digelar mulai 10-21 September dan dipusatkan di empat daerah yakni Kabupaten Semarang, Kota Semarang, Kendal dan Grobogan.

Ia menambahkan misi penyelenggaraan Popnas XIV harus mampu mencetak para atlet terbaik agar bisa berkompetisi di tingkat nasional maupun internasional. “Sumber dana penyelenggaraan Popnas berasa dari Kemenpora, APBD Jateng ditambah partisipasi dari kabupaten/kota serta sumber lainnya yang sah,” bebernya. Secara keseluruhan, dana Popnas XIV mencapai Rp 35 miliar. (far)

Ini Menarik!

Golkar Restui Lima Paslon Bertarung di Pilkada Serentak 2018

Share this on WhatsAppSEMARANG – Mendekati Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018, Partai Golkar mengeluarkan …

Silakan Berkomentar