Puting Beliung Sapu Weleri, Genteng Rumah Beterbangan

?

KENDAL – Puluhan rumah dan taman kota di Weleri Kendal rusak akibat diterjang angin puting beliung Jumat (03/02) sore. Angin menumbangkan sejumlah pohon dan papan penunjuk arah hingga menimpa sebuah mobil.

Dua desa di Kecamatan Weleri yakni Sambongsari dan Penaruban merupakan wilayah yang paling parah diterjang angin puting beliung ini. Kalakhar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal, Sigit Sulistyo menjelaskan, angin kencang disertai hujan deras terjadi sejak sore hingga malam.

“Ada dua desa yang terkena yakni Sambongsari dan Penaruban,” katanya.

Beberapa rumah mengalami kerusakan cukup parah yakni milik Rismardiyati, Januri, Sumini, Umi Narti, Juwita, Enggawati dan  Yuliati. Genteng rumah berterbangan disapu angin puting beliung dan sebuah mobil bernomor polisi H 8453 BD rusak akibat tertimpa pohon.

“Rumah yang rusak cukup parah ini umumnya tertimpa pohon dan genteng beterbangan. Bahkan ada juga yang atapnya rusak parah diterjang kerasnya hembusan angin,” imbuh Sigit.

Sementara puluhan rumah lainnya juga rusak ringan, serta kabel listrik utama sektor Weleri 7 di taman Kota Weleri juga porak poranda.  Tiang penunjuk arah roboh disejumlah titik dan Taman Kota Weleri rusak cukup parah.

“Langkah- langkah yang telah diambil antara lain  Tim Satgas BPBD Kendal menuju TKP untuk melakukan pemotongan pohon yang roboh maupun menghalangi jalan raya. Kita juga  melakukan koordinasi bersama aparat Forkopimcam setempat dan pendataan dampak dari angin puting beliung,” jelas Sigit.

Penanganan tidak hanya dilakukan tim Satgas BPBD Kendal sejumlah relawan dari  MDMC Kendal,  PMI kendal, Damkar Pos Weleri dan Tagana Kendal juga ikut membersihkan pohon yang tumbang dan papan penunjuk arah yang roboh. “Tidak ada korban jiwa. upaya penanganan dapat kita selesaikan Jumat malam,” pungkasnya. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.