Beranda JATENG RAYA METRO PANTURA Puncak Arus Balik, KMP Kalibodri Sepi Peminat

Puncak Arus Balik, KMP Kalibodri Sepi Peminat

28
0

KENDAL – KMP Kalibodri yang berangkat dari Pelabuhan Tanjung Kendal Jawa Tengah masih sepi peminat. Pada pemberangkatan pertama untuk arus balik lebaran, KMP Kalibodri hanya mengangkut 81 penumpang tujuan Kumai Kalimantan Tengah.

KMP Kalibodri
Foto: metrojateng.com/dok

Sepinya penumpang selain pelaksanaan Pilgub, juga libur sekolah masih lama sehingga pemudik yang hendak balik ke Kumai masih betah di kampung halamannya. Kepala UPTD Pelabuhan Tanjung Kendal, Andi Rahmat mengatakan untuk arus balik lebaran 2018, hanya ada dua kali keberangkatan KMP Kalibodri dari Kendal.

Pertama pada tanggal 23 Juni dan kedua yang seharusnya tanggal 27 Juni 2018 diundur menjadi tanggal 28 Juni 2018. “Untuk keberangkatan pertama memang ada penurunan jumlah penumpang dibandingkan tahun lalu. Bahkan kali ini terbilang sepi karena hanya 81 penumpang saja, sedangkan kendaraan berat dan kecil juga sedikit,” jelasnya.

Andi mengakui, lonjakan penumpang akan terjadi pada keberangkatan kedua atau setelah bulan Juni pada perjalanan regular. “Tidak bisa diprediksi lonjakan penumpang di Pelabuhan Kendal, mengingat kapal yang berangkat ke Kalimantan dari Pelabuhan Tanjung Emas juga banyak,” imbuhnya.

Hal senada dikatakan Kepala KSOP Semarang, Ahmad Wahid. Saat melakukan pengecekan di KMP Kalibodri sebelum berangkat mengatakan, perjalanan arus balik dari Pelabuhan Kendal hanya dua kali. Pihaknya melakukan pengecekan mengingat tahun lalu jumlah penumpang membeludak, sehingga langkah antisipasi perlu dilakukan.

“Kita sebenarnya sudah menyiapkan kapal perintis untuk mengantisipasi lonjakan penumpang KMP Kalibodri karena tahun lalu membeludak. Tetapi pada keberangkatan pertama justru sepi penumpang,” katanya. (MJ-01)