Beranda JATENG RAYA METRO PANTURA Puncak Arus Balik Diprediksi 20 dan 24 Juni

Puncak Arus Balik Diprediksi 20 dan 24 Juni

29
0

KENDAL – Puncak arus balik diperkirakan akan terjadi hari Rabu 20 Juni dan Minggu 24 Juni 2018. Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian menghimbau agar pemudik menghindari kedua tanggal tersebut karena arus akan padat.

Arus mudik di Jembatan Kali Kutho, Selasa (19/6). Foto: edi prayitno

“Untuk arus mudik lebaran tahun ini lebih baik di banding tahun lalu dan angka kecelakaan sangat kecil turun hingga 40 persen,” katanya saat memantau arus balik di jembatan tol Kali Kutho Selasa (19/6) sore.

Dijelaskasn  arus kendaraan yang melintas tol Batang Semarang masih lancar, dari evaluasi yang dilakukan selama arus mudik kondisinya lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Diakuinya arus mudik tahun ini masih ditemukan kemacetan disejumlah titik namun bisa segera diatasi. “Sejumlah rekayasa sudah dilakukan kepolisian untuk mengurai kemacetan yakni dengan buka tutup jalur, kontra flow hingga one way jalur,” imbuhnya.

Pantauan arus balik melalui udara, Kapolri mengatakan  terjadi antrian di beberapa titik  antara  lain di  jembatan tol Kali Kuto. Antrean terlihat menumpuk sekitar 500 meter, namun  dapat  di urai dengan dikeluarkan di pintu tol Weleri menuju Pantura. Kendaraan nantinya akan dimasukan kembali di pintu tol Kandeman Batang agar tidak terjadi kepadatan di Pekalongan.

“Untuk pemudik tidak balik ke Jakarta pada hari Rabu 20 Juni dan Minggu 24 Juni 2018,  pasalnya diperkirakan di tanggal tersebut puncak arus balik akan terjadi, seiring dengan berakhirnya libur lebaran dan cuti bersama pegawai negeri dan swasta,” jelas Kapolri.

Sementara  pantauan arus lalin  terlihat ramai lancar seperti di  pintuk tol Weleri. Tampak antrean panjang dan di  tol fungsional menuju jembatan Kali Kutho juga  terjadi antrean panjang. Kendaraan sebagian dikeluarkan di pintu tol Weleri menuju jalur  pantura agar tidak terjadi kemacetan panjang. (MJ-01)