Home > JATENG RAYA > METRO SOLO > Puluhan Radio Kuno Dipamerkan di Balai Soedjatmoko

Puluhan Radio Kuno Dipamerkan di Balai Soedjatmoko

Ilustrasi
Ilustrasi

SOLO-Puluhan radio lama atau kuno dan antik dipamerkan di Balai Soedjatmoko Solo 19-25 September. Pameran yang mengusung tema Layang Swara, kebanyakan radio milik kolektor dari Yogyakarta.

Para pengunjung pameran bisa melihat langsung berbagai macam dan model radio kuno yang dibuat sekitar tahun 1930-an. Baik itu, radio buatan langsung Belanda dan negara Eropa lainnya. Dalam pameran ini, para pengunjung bisa berfoto dengan radio milik para kolektor tersebut. Radio yang dipamerkan tersebut ada yang dinamai Gatotkaca, Kompas, Bandoso maupun lainnya. Sebelum melakukan pameran di Balai Soedjatmoko, pameran serupa digelar di Surabaya, Bali dan Solo, merupakan kota terakhir.

Salah satu kolektor radio, Iwan Ganjar mengaku memiliki puluhan radio kuno yang didapat dari berburu. Menurutnya, ada yang datang kepadanya menawarkan radio kuno baik itu dalam kondisi masih hidup maupun mati. “Kelebihan radio-radio ini kualitas suara dan jangkuan gelombangnya diterima dengan jernih. Baik itu, siaran dari London, Amerika, Belanda, Swis, Perancis diterima dengan baik,” kata, Jumat (19/19), malam.

Katanya, jika radio yang diperoleh dalam kondisi mati, telah memiliki tukang servise yang jago. “Kami memiliki tukang servis yang jago,” ujarnya.

Pengunjung pameran, Joko warga Colomadu, Karanganyar mengaku sengaja datang untuk melihat kondisi radio lama yang dipamerkan. Ia sebelumnya hanya mendengar jika ada pameran. “Saya sengaja datang hanya ingin melihat. Kakak saya ada yang punya radio granofon.

Kolektor lainnya, Didi S mengakui memiliki puluhan radio lama. Ia mulai mengoleksi radio tersebut sejak tahun 1970-an. “Saat itu, saya sudah mulai mengoleksi. Ada yang buatan tahun 1960-an, tapi mencarinya sudah susah juga,” katanya. (sus)

Ini Menarik!

Ini Bocoran Menu Pesta Pernikahan Kahiyang

Share this on WhatsAppSEMARANG – Sebuah tempat persewaan alat pesta di Semarang bernama ADA mendapat …

Silakan Berkomentar