Home > JATENG RAYA > METRO SOLO > Puluhan Angkutan Barang Terjaring Razia di Boyolali

Puluhan Angkutan Barang Terjaring Razia di Boyolali

image

BOYOLALI – Tim gabungan menggelar operasi terhadap kendaraan angkutan barang di Boyolali Jumat (29/8). Puluhan mobil angkutan barang terjaring razia ini. Sekitar 10 kendaraan terpaksa ditilang.
Selain itu dua truk diketahui KIR-nya telah habis. Razia itu dilakukan tim gabungan terdiri Satpol PP, Satlantas dan Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Boyolali.

Kepala Satpol PP Boyolali, Choirudin Muhammad, mengatakan razia angkutan barang itu dilaksanakan di wilayah Kecamatan Teras dan Kecamatan Mojosongo. Setidaknya terjaring 60 truk pengangkut. “Sasaran utama dari razia ini memang truk,” kata Choirudin kepada wartawan.

Selain memeriksa kelengkapan surat-surat kendaraan, petugas juga memeriksa kelengkapan surat-surat lainnya. Antara lain untuk memastikan masa berlaku KIR-nya. Bagi pengendara yang tidak bisa menunjukkan kelengkapan surat-surat kendaraan, langsung ditilang oleh petugas dari Satlantas.  Selain itu juga mengecek bobot muatan.

Melalui kegiatan tersebut, Satpol PP juga memberikan sosialisasi dan pembinaan Perda Provinsi Jateng No. 2/2011 tentang Pajak Kendaraan Bermotor. “Agar tidak melalaikan kewajibannya membayar pajak kendaraan,” jelasnya.

Terpisah Kasatlantas Polres Boyolali, AKP Priyono, mengungkapkan di wilayah Boyolali masih banyak ditemukan pelanggaran yang dilakukan truk-truk terutama berkait muatan yang melebihi tonase. Dia mencontohkan kecelakaan lalu lintas di tanjakan Bulusari, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel, pada Senin (25/8). Truk pengangkut ribuan botol minuman bersoda itu tak kuat menanjak hingga akhirnya mati mesin dan ngglondor mundur karen kelebihan muatan.

“Aturannya hanya 12 ton, tetapi muat 22 ton,” kata Priyono.
Untuk itu, Kasatlantas memperingatkan agar sopir-sopir truk mematuhi batas maksimal beban muatan yang diizinkan.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk hati-hati dan waspada saat melajudi belakang truk bermuatan berat dan di jalan menanjak. Untuk mengantisipsi kejadian seandainya truk itu macet. (MJ-07)

Ini Menarik!

Ini Bocoran Menu Pesta Pernikahan Kahiyang

Share this on WhatsAppSEMARANG – Sebuah tempat persewaan alat pesta di Semarang bernama ADA mendapat …

Silakan Berkomentar