Home > JATENG RAYA > PT Pos Indonesia Cabang Jepara Salurkan Rp3 Miliar untuk Masyarakat Penerima Kartu Keluarga Sejahtera

PT Pos Indonesia Cabang Jepara Salurkan Rp3 Miliar untuk Masyarakat Penerima Kartu Keluarga Sejahtera

image
Warga penerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) mengantre di kantor Pos Jepara, Jawa Tengah. FOTO: Rhobi Shani

JEPARA – Masyarakat kurang mampu nampak berantusias mencairkan dana program Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) dari Kementerian Sosial. Itu nampak dari banyaknya warga yang mengantre mencairkan dana bantuan tersebut di kantor PT Pos Indonesia cabang Jepara, Jawa Tengah.

Seorang warga penerima KKS Kasiati menyatakan, cairnya dana bantuan KKS periode dua ini dinilai tepat. Pasalnya, bersamaan dengan tahun ajaran baru 2016-2017. Sehingga, uang KKS dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sekolah anak.

“Rencananya nanti buat kebutuhan sekolah anak, seperti membeli sepatu dan tas sekolah. Uang ini memang untuk biaya sekolah tidak boleh untuk yang lainnya,” kata Kasiati ditemui di kantor PT Pos Indonesia cabang Jepara , Rabu (27/7/2016).

Lebih lanjut Kasiati menyampaikan, setiap tiga bulan sekali dia menerima dana bantuan dari pemerintah melalui program KKS sebesar Rp300 ribu. Itu lantaran, dia memiliki anak yang masih duduk dibangku sekolah dasar dan sekolah menengah atas.

“Setiap orang dapatnya beda-beda, bergantung anaknya yang masih sekolah berapa. Terus nanti laporannya, mengumpulkan kwitansi pembelian alat-alat sekolah, jadi ya tidak bisa untuk keperluan yang lain,” ujar Kasiati.

Seperti diketahui, pemerintah memberikan bantuan kepada warga kurang mampu melalui program KKS sebesar Rp1 juta pertahun bagi anak usia sekolah TK. Sementara bagi anak usia sekolah dasar mendapat bantuan Rp450 ribu per tahun. Sedangkan bagi anak suai sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas masing-masing Rp600 ribu dan Rp750 ribu pertahun.

Kepala Kantor PT Pos Indonesia cabang Jepara Triyono menyampaikan, pencairan dana KKS dimulai Sabtu 23 Juli 2016 hingga Sabtu 30 Juli 2016. Masyarakat yang hendak mencairkan dana KKS cukup membawa KKS dan fotocopy KK serta KTP.

“Kalau uangnya tidak diambil ya, akan kami kembalikan ke Kas Negara,” kata Triyono.

Pada pencairan periode ini, Triyono menambahkan, kantor Pos Jepara menyalurkan dana sebsar Rp3 miliar. Pencairan kali ini merupakan pencariran periode ke dua. Sementara, pencairan dana KKS periode ketiga diperkirakan Semtember atau Oktober mendatang.

“Pencairannya setiap tiga bulan sekali, tapi ya belum tentu pas tiga bulan,” kata Triyono.

Untuk mengurai antrean warga, Trioyono menyalurkan dana KKS melalui tiap-tiap kantor pembantu di setiap kecamatan. Kecuali warga di Kecamatan Jepara Kota dan Kecamatan Tahunan, dana KKS diambil di kantor Pos Cabang Kota. (Oby)

Ini Menarik!

Tingkatkan Produksi Pangan, Butuh Dukungan Sarpras

Share this on WhatsAppKENDAL – Ketersediaan beras di Kendal mengalami fluktuasi. Tahun 2013 sebesar 133.770 …

Silakan Berkomentar