Beranda JATENG RAYA EKONOMI BISNIS Property Expo Semarang Tak Lakukan Revisi Target

Property Expo Semarang Tak Lakukan Revisi Target

21
0
BERBAGI
Calon pembeli properti sedang mengunjungi stan perumahan di Property Expo Semarang (PES) I di Mal Paragon Semarang yang berlangsung 10-20 Januari 2018. (Foto : metrojateng.com/ Anggun Puspita)

 

SEMARANG – Pengembang perumahan di Kota Semarang kembali menggelar Property Expo Semarang (PES) I di Mal Paragon Semarang, 10-20 Januari 2018. Mereka mulai menggairahkan pasar properti pada awal tahun 2018 ini. Kendati demikian, sebagai pembuka para pengembang belum merevisi target penjualan pada pameran tersebut.

Panitia PES I-2018, Wibowo Tedjosukmono mengatakan, target penjualan properti awal tahun ini masih sama dengan tahun lalu. “Kami belum melakukan revisi target pada pameran pertama ini. Artinya, target masih sama yakni kami berharap 70 unit rumah dapat terjual selama pameran,” katanya saat ditemui, Jumat (12/1).

Pada pameran tersebut ada 11 pengembang perumahan dan empat vendor pendukung properti yang terlibat. “Kami tidak muluk-muluk pada tahun ini. Target kami masih sama seperti pameran sebelumnya di tahun 2017,” tuturnya.

Alasan panitia tidak mengoreksi target penjualan karena pasar properti belum bergairah. Hal itu tampak pada realisasi penjualan perumahan selama tahun 2017. “Selama setahun pameran PES, rumah yang terjual hanya 407 unit. Angka realisasi itu hanya 60% dari target yang ditetapkan,” kata Wibowo.

Memasuki tahun 2018, pihaknya berharap perbankan dapat menurunkan suku bunga KPR dari 6,5% menjadi 5,3%. Upaya itu untuk mendorong daya beli konsumen terhadap kebutuhan papan tersebut.

“Selain berharap pada perbankan, setiap pengembang juga memiliki kebijakan masing-masing. Misalnya di Graha Candi Golf, kami menawarkan bunga KPR sebesar 3% kepada konsumen. Promo itu kami berikan karena perbankan memberikan subsidi bunga kepada pengembang,” kata Marketing Manager Graha Candi Golf itu.

Disamping itu, promo lainnya juga ditawarkan oleh pengembang perumahan seperti bonus kitchen set, unit AC pada konsumen yang membeli rumah siap huni. (ang)