Home > JATENG RAYA > METRO KEDU > Profesor Jepang Adopsi Program Cas Cis Cus Desa Bahasa di Borobudur

Profesor Jepang Adopsi Program Cas Cis Cus Desa Bahasa di Borobudur

image
Tiga profesor asal Jepang mengunjungi Desa Bahasa di Borobudur, Kabupaten Magelang. Foto Metrojateng

MUNGKID– Tiga profesor Hokaido Universty of Education Japan terkagum-kagum ketika melihat metode menyenangkan belajar bahasa Inggris di Desa Bahasa Ngargogondo Borobudur Kabupaten Magelang. Bahkan, mereka berencana mengadopsinya.

Ketiga profesor itu Ryuichi Yorozuya, Hiroki Ishizuka dan Akinobu Shimura. Mereka melakukan penelitian selama sehari di desa bahasa. Selain berdialog dengan pendiri desa bahasa Hani Sutrisno mereka terlibat langsung dalam proses belajar cas cis cus ala desa bahasa.

“Di sini memang ada metode cas cis cus. Belajar bahasa inggris dengan senang dan gembira,” kata Hani Sutrisno.

Menurutnya, dengan metode ini proses belajar mengajar jadi mudah. Anak-anak SD pun mahir bahasa Inggris di sana. “Saya kagum. Di sini tidak menggunakan tenses dan toefel, tapi semua mahir,” kata Akonibu Shimura, salah satu profesor seperti yang diterjemahkan Putut pendamping mereka.

Metode ini, katanya akan diterapkan di Jepang. Namun, mereka terlebih dahulu berencana mendatangkan guru-guru Jepang ke Desa Bahasa. “Kalau berkenan Hani Sutrisno akan diajak ke Jepang untuk memberikan pelajaran dan motivasi,” kata Putut. (MJ-14)

Ini Menarik!

Kenang Tragedi Jatuhnya Heli Dauphin, Basarnas Bangun Monumen di Gunung Butak

Share this on WhatsApp TEMANGGUNG – Sebuah monumen dibangun di kaki Gunung Butak, Desa Canggal, …

Silakan Berkomentar