Beranda KAMPUS Prodi Sistem Informasi USM Sesuaikan Kurikulum dengan Kebutuhan Industri

Prodi Sistem Informasi USM Sesuaikan Kurikulum dengan Kebutuhan Industri

41
0
BERBAGI

SEMARANG – Program Studi S-1 Sistem Informasi Universitas Semarang (USM) mengadakan Seminar dan Lokakarya (Semiloka) untuk mengevaluasi kurikulum yang saat ini berjalan. Hal itu dimaksudkan sebagai bahan pertimbangan untuk mengikuti perkembangan dunia Teknologi Informasi (TI) dan dapat menyiapkan lulusan yang siap menghadapi dunia kerja.

Semiloka dengan tema “Pemutakhiran Kurikulum Sebagai Pedoman Pembelajaran Teknolgi Informasi dan Bisnis Terhadap Relevansi Lulusan” di Ruang Sidang Utama Gedung B USM, Senin (16/4). Foto: istimewa

Rektor USM, Andy Krisdasusila mengatakan pihaknya berharap banyak mendapat masukan dari stakeholder agar lulusan tidak tertinggal jauh dengan kemajuan dan kebutuhan industri, terutama bidang TI yang perkembangannya begitu pesat. Diharapkan dengan adanya Semiloka akan terbentuk kurikulum yang relevan dengan industry dan dunia kerja.

Pembicara Semiloka, Suryono memaparkan materi tentang KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) sebagai acuan kurikulum. KKNI dan Program Outcome Program Outcome digunakan sebagai pedoman dalam membuat kurikulum dengan melihat bidang ilmu dan profil lulusan yang diinginkan.

“Diharapkan mata kuliah yang dimasukkan dalam kurikulum sesuai dengan ranah ilmu dan ranah topik di bidang sistem informasi,” katanya.

Pembicara kedua, yaitu Kristoko Dwi Hartomo membahas pentingnya koneksi antara program studi dengan stakeholder serta alumni untuk memperoleh informasi tentang teknologi apa yang sedang tren dan banyak dibutuhkan di dunia kerja.

Dia mencontohkan perangkat bahasa pemrograman yang dan perangkat lunak database yang digunakan oleh industri. Selain itu, perlu juga melakukan branding program studi untuk memiliki ciri khas tersendiri. (ade)