Posko Bagikan 1.460 Bungkus Nasi ke Korban Banjir

Relawan menyiapkan nasi bungkus untuk korban banjir di 3 kecamatan di Kendal. (foto: metrojateng.com/edi prayitno)

KENDAL – PMI Cabang Kendal bersama Pemkab Kendal mendirikan dua dapur umum untuk memasok kebutuhan makanan korban banjir di tiga kecamatan. Dua dapur umum tersebut berada di Balai Desa Kebonadem, Brangsong dan Protomuyo, Kaliwungu selatan. Dua dapur umum ini membagikan 1.460 nasi bungkus kepada warga korban banjir.

Relawan PMI Kendal, Dwi Cahyono mengatakan, sudah ada 1,5 kwintal beras yang dimasak untuk keperluan suplai makanan tersebut. Diaktakan dia, bantuan nasi bungkus itu hanya berlaku satu hari. Namun jika ada bencana susulan, maka dapur umum akan dibuka kembali. Berdasarkan data yang ia terima, tidak ada korban yang mengungsi lagi.

Sabtu (10/2), korban banjir pada umumnya telah kembali ke rumahnya untuk membersihkan lumpur. “Tapi kami tetap siaga dan sigap untuk memberikan bantuan kepada korban banjir. Sampai saat ini dapur umum sudah cukup dan akan kembali dibuka jika ada bencana susulan,” kata Dwi Cahyono.

Pendistribusian nasi bungkus dilakukan relawan dengan mengirimnya ke sejumlah wilayah yang terkena banjir. Yakni di Desa Kebonadem Brangsong dan Kaliwungu serta kaliwungu Selatan.

Pengemasan nasi bungkus sebelum didistribusikan kepada korban banjir di Kendal. (foto: metrojateng.com/Ed Prayitno)

Camat Brangsong , Achmad Ircham Chalid mengatakan sampai saat ini korban banjir tidak mengungsi. Namun BPBD Kabupaten Kendal melakukan pendataan dan menyiapkan bantuan untuk korban. ”Makanan berupa nasi bungkus didistribusuikan ke tiga kecamatan yang terkena banjir,” kata Achmad.

Banjir meluas ke sejumlah wilayah di Kendal. Tercatat wilayah Kaliwungu sebelah utara yang sebelumnya tidak terkena luapan air kini mulai tergenang. Tidak hanya itu wilayah lain seperti Kelurahan Langenharjo Kota Kendal juga mulai tergenang luapan sungai buntu. Begitu juga di Desa Juwiring kecamatan Cepiring dan Kebonharjo Kecamatan Patebon. (MJ-01)

Anda mungkin juga berminat

Tuliskan Balasan

Alamat email Anda tetap rahasia dan tidak kami simpan.

3 + 7 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.